Lifestyle

10 Ide Makanan Buka Puasa agar Tubuh Segar juga Sehat, Harganya Murah

Ashevilleglass.com – Siklus Ramadan telah di area depan mata. Untuk menjaga kondisi tubuh dan juga kebugaran selama berpuasa, tentu cuma asupan makanan perlu diperhatikan. Jika Anda masih bingung ide makanan berbuka puasa agar tubuh tetap saja segar juga sehat, maka tulisan ini akan memberikan rekomendasinya. Tenang saja, makanan sehat ini gampang ditemukan pada sekitar tempat tinggal, bahkan dibuat sendiri di dalam rumah. Berikut adalah sepuluhan rekomendasi makanan sehat untuk berbuka puasa yang cocok disantap satu keluarga. 

1. Rendang

Rendang mahsyur dikenal sebagai hidangan paling enak di tempat dunia. Tentu saja, panganan khas Minangkabau ini cocok dinikmati sebagai menu berbuka puasa. Rendang adalah hidangan daging yang digunakan kaya rasa dan juga gurih. Masak potongan daging sapi dengan bumbu rempah-rempah seperti serai, daun jeruk, jahe, bawang merah, bawang putih, kemudian santan hingga empuk juga berkuah kental.

2. Sop Ayam

Jika Anda tak terlalu menyukai aroma daging sapi, alternatif pangan sehat selanjutnya untuk berbuka puasa adalah sop ayam. Hidangan ini cocok untuk berbuka puasa lantaran lembut kemudian menyehatkan. Rebus potongan daging ayam dengan tambahan sayuran seperti wortel, kentang, daun bawang, juga seledri. Beri tambahan bumbu seperti lada hitam serta pala untuk rasa yang mana kaya.

3. Nasi Goreng

Hidangan ini tentu cuma favorit seluruh anggota keluarga. Apalagi topingnya bisa saja digonta-ganti sesuai selera. Bisa menggunakan ayam, sosis, telur, bahkan sayur. Nasi goreng biasanya dimasak dari nasi yang dimaksud telah dingin sehingga menghindarkan dari makanan yang dimaksud mubazir. Resep ini cukup dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kecap manis.

4. Ayam Goreng Tepung

Tak perlu pergi ke KFC untuk menikmati ayam goreng tepung yang dimaksud lezat. Ayam goreng tepung adalah hidangan yang populer dan juga resepnya mudah dipraktikkan. Potong-potong daging ayam, lumuri dengan bumbu tepung, juga goreng hingga kecokelatan. Sajikan dengan nasi dan juga sambal.

5. Mie Goreng

Jika Anda baru cuma pulang kantor lalu belaka miliki waktu yang mana sempit untuk menyiapkan menu berbuka, maka menu mie goreng adalah jawabannya. Mie goreng adalah pilihan cepat dan juga mudah untuk menu berbuka. Rebus mie, tumis dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, sayuran seperti wortel serta kubis, juga tambahan daging atau seafood.

6. Sate Ayam

Makanan paling lezat di tempat dunia yang dimaksud juga khas Indonesia serta cocok dijadikan menu berbuka adalah sate ayam. Untuk yang satu ini, Anda tak perlu repot – repot memasaknya. Cukup beli saja, dikarenakan penjual sate ayam yang tersebut enak gampang ditemukan mulai dari kelas kaki lima hingga bintang lima.

7. Telur Balado

Olahan telur adalah juaranya makanan sehat. Banyak orang juga menggemari telur bumbu balado. Tentu hanya olahan ini menjadi yang paling cocok disantap ketika berbuka puasa. 

8. Es Buah

Menu sehat yang mana tak boleh ketinggalan di area meja makan ketika puasa adalah es buah. Campuran buah – buahan segar seperti semangka, melon, nanas, juga kelapa muda yang tersebut disajikan pada sirup juga es serut benar – benar menggugah selera. Es buah merupakan sumber penangkal radikal alami juga elektrolit yang dimaksud penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh setelahnya berpuasa. Namun, tetap saja kontrol kadar gula ketika menimbulkan minuman ini. 

9. Bubur Sumsum

Menu khas Ramadan lainnya adalah bubur sumsum. Bubur sumsum adalah hidangan khas Indonesia yang digunakan terbuat dari beras ketan yang mana dimasak menjadi bubur dengan santan. Bubur ini biasanya disajikan dengan tambahan gula merah dan juga taburan kelapa parut. Kaya akan karbohidrat juga lemak sehat dari santan, bubur sumsum merupakan pilihan yang dimaksud baik untuk memulihkan energi pasca seharian berpuasa.

10. Kolak Pisang

Satu lagi menu takjil yang tersebut tak pernah ketinggalan adalah kolak pisang. Dengan pisang yang digunakan matang, manis, juga ranum kelezatan kolak pisang sebagai menu pembuka mengungkap puasa tak terkalahkan. Rasa gurih yang dimaksud berasal dari santan dan juga pandan dalam kuahnya menambah kelezatan hidangan ini. 

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!