Otomotif

24 Pembalap Siap Berlaga pada Pentas WorldWCR, Inilah Sosok Keren Mereka Rayakan Hari Perempuan Internasional

Ashevilleglass.com – Olah raga motorsport identik sebagai milik kaum lelaki semata? Tidak juga, buktikan sederet turnamen dijalankan oleh badan balap internasional roda empat, yaitu FIA mau pun roda dua atau FIM.

Beberapa buktinya, dalam pentas balap Formula 1 atau F1, sederet atlet sepeda putri diterima masuk ke F1 academy atau lembaga pendidikan balap berjenjang di tempat pentas jet darat, mampu dialokasikan sebagai atlet sepeda tester, riset kemudian pengembangan, atlet sepeda cadangan, dan juga atlet sepeda inti.

Senada dalam laga balap off-road ekstrem kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV), di area mana format timnya harus ada lelaki perempuan dengan kedudukan sebagai driver atau co-driver. Seluruhnya harus miliki komposisi putra-putri atau putri-putra, tidak ada boleh keduanya lelaki, atau secara langsung diskualifikasi bila melanggar aturan ini.

FIM Women's Circuit Racing World Championship siap dilakukan bersatu WorldSBK [WSBK]
FIM Women’s Circuit Racing World Championship siap dijalankan bersatu WorldSBK [WSBK]

Kemudian pada sektor roda dua, kalender FIM Women’s Circuit Racing World Championship (WorldWCR) sudah pernah digulirkan. Para jagoan perempuan rider akan bertarung pada turnamen bersatu seri World Superbike atau WSBK alias WorldSBK.

Dalam rangka Hari Perempuan Internasional 2024, FIM Women in Motorcycling Commission hadir untuk menunjukkan pada dunia eksistensi mereka sebagai rider dunia, sementara para rekan peserta balap yang lelaki memberikan dukungan terhadap mereka.

Dikutip dari rilis resmi WorldSBK Press Office, disebutkan bahwa di area berada dalam persiapan tes gabungan pertama WorldWCR pada 16-17 Mei di dalam Cremona (Italia), juga mendekati pembuka musim di area Misano pada bulan berikutnya, para kontestan WorldWCR secara bergerak berpartisipasi di kampanye media sosial yang diprakarsai oleh FIM.

Para perempuan perkasa yang dimaksud siap balapan dalam WorldWCR [WorldSBK Press Office]
Para perempuan perkasa yang tersebut siap balapan di dalam WorldWCR [WorldSBK Press Office]

Melalui kampanye ini, mereka itu menggarisbawahi komitmen di menginspirasi inklusi, menyoroti keberagaman dan juga memberdayakan partisipasi perempuan di dunia olah raga motor.

Balap sirkuit roda dua putri dari FIM yang dikenal sebagai FIM WorldWCR akan dimulai 24 atlet sepeda yang turut berkompetisi, dengan perwakilan dari 18 negara berbeda.

Spanyol menjadi negara yang dimaksud paling sejumlah diwakili, yaitu oleh lima pembalap, disusul Prancis kemudian Afrika Selatan dengan dua rider.

The Class of 2024, kegiatan foto sama-sama dalam belakang chevron sebagai penanda mulainya musim balap awal tahun [WSBK Press Office]
The Class of 2024, kegiatan foto dengan para rider WSBK di dalam belakang chevron sebagai penanda mulainya musim balap awal tahun. WorldSBK juga memberikan dukungan untuk balapan FIM Women’s Circuit Racing World Championship  [WSBK Press Office]

Negara-negara seperti Taiwan, Kolombia, Meksiko, Norwegia, Chili, Ukraina, lalu tanah Israel mempunyai total delegasi mirip seperti Australia, Amerika Serikat, Jerman, Ceko, Britania Raya, Austria, Jepang, juga Italia, dengan satu rider.

Beberapa atlet sepeda WorldWCR 2024 bukanlah sosok asing, akibat sudah ada malang-melintang berada pada paddock sebelumnya, dan juga mengantongi sederet keberhasilan.

Daftar entry dipimpin Juara WorldSSP300 2018 Ana Carrasco (Tim Evan Bros Racing Yamaha), di tempat mana pemain berusia 26 tahun ini sebelumnya berkiprah pada Moto3™ kemudian tahun ini terjun di area WorldWCR.

Beatriz Neila (Pata Prometeon Yamaha) sebelumnya balapan di tempat WorldSSP300 dan juga sudah ada mengukir namanya di tempat turnamen Wanita seru Eropa, menang empat kali berturut-turut sejak 2020.

Selain muka lama, muka baru juga turut meramaikan. WorldWCR akan digunakan oleh beberapa rider untuk memulai karir mereka. Seperti Mallory Dobbs lalu Alyssia Whitmore keduanya akan membalap untuk Motor Sekhmet Racing Team di area Amerika Serikat serta Britania Raya.

Mia Rusthen (Rusthen Racing) berasal dari perlombaan balap perempuan di tempat Eropa juga menempati sikap 10 besar pada klasemen, begitu pula Lena Kemmer (Bertl K. Racing Team) yang tersebut sukses pada Piala Junior Austria.

Luna Hirano (Team Luna) telah lama menghabiskan beberapa musim di tempat negara asalnya Jepun bersatu Yamaha R6, sementara Lucy Michel (TSL-Racing) sudah pernah membalap serta disegani dalam kompetisi IDM Supersport 300.

Pembalap Ceko Adela Ourednickova (DafitMotoracing) mengikuti jalur yang dimaksud identik dari perlombaan Jerman seperti Lucy Michel.

Iryna Nadieieva (MPS.RT) berlaga di dalam Piala R6 Spanyol musim lalu, sedangkan Ornella Ongaro (Team Flembbo PL Performances) mengikuti Piala Honda CBR500 2023 dan juga meraih satu kemenangan. Dia juga mendapat wildcard di dalam GP Prancis 2009 dalam Kejuaraan Global 125cc.

Tayla Relph (TAYCO Motorsport) dari Australia memiliki pengalaman Australian Supersport 300, sementara Chun Mei Liu (WT Racing Team Taiwan) telah terjadi mengungguli dua kompetisi di area negara asalnya Taiwan pada 2021 lalu 2022.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!