Otomotif

3 Cara Merawat Rem Mobil pada waktu Hujan, Jangan Sepelekan!

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Cara merawat rem mobil ketika musim hujan penting diketahui pengendara. Terlebih, rem sendiri menjadi salah satu komponen penting di keselamatan berkendara.

Saat musim hujan tiba, terdapat beberapa komponen mobil yang tersebut berpotensi mengalami masalah. Salah satunya yang tersebut cukup kerap dihadapi pengendara adalah pada bagian pengereman.

Jenis masalahnya pun beragam, seperti rem tangan macet hingga kampas rem terkunci pada waktu parkir. Beberapa kondisi yang dimaksud tiada boleh disepelekan mengingat pentingnya fungsi rem di kendaraan.

Lantas, bagaimanakah cara merawat rem mobil pada waktu hujan? Dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2024), berikut ini di tempat antaranya yang bisa saja disimak.

Cara Merawat Rem Mobil ketika Hujan

1. Periksa Kondisi Secara Berkala

Cara utama yang wajib diperhatikan pengendara adalah meyakinkan kinerjanya berjalan dengan baik. Hal ini tak boleh disepelekan lantaran memang sebenarnya perannya yang vital bagi kendaraan.

Sebuah rem yang berfungsi dengan baik akan memberikan traksi serta pengereman yang digunakan efektif, termasuk ketika menyeberangi jalan basah. Maka dari itu, periksalah secara berkala termasuk pada bagian kampas hingga cairan rem.

2. Hindari Kondisi Kampas Rem Lengket

Saat musim hujan, kampas rem berpotensi menjadi lengket akibat genangan air. Alasannya dikarenakan komponen yang disebutkan memang benar mudah mengembang pasca terkena air.

Jika dibiarkan, kondisi dalam berhadapan dengan berpotensi menimbulkan kampas rem nge-lock alias terkunci. Sebagai antisipasi, ada beberapa hal yang bisa jadi dilakukan, khususnya ketika berkendara pada waktu hujan.

Salah satunya seperti menjalankan mobil dengan pelan ketika melintasi genangan air atau banjir. Selain berjalan pelan, injaklah rem secara perlahan agar tromol atau sepatu rem menjadi cepat kering.

3. Mencari Tempat Parkir yang tersebut Aman

Tips berikutnya adalah mencari tempat yang aman bagi kendaraan. Karena konteksnya musim hujan, aman di dalam di sini maksudnya adalah terhindar dari air hujan.

Adapun tujuannya adalah menghindari bagian-bagian sistem pengereman mobil dimasuki air. Misalnya, seperti bagian kampas agar tidaklah lengket dan juga menciptakan rem terkunci.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat rem mobil ketika musim hujan. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!