Kesehatan

5 Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Diabetes ketika Buka Puasa

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Terdapat sedikitnya lima makanan yang mana perlu dihindari pengidap diabetes mellitus pada waktu mengungkap puasa. Sebagian besar dalam antaranya adalah makanan favorit publik Indonesia.

Puasa Ramadan menjadi kewajiban seluruh umat Islam dalam dunia. Khusus bagi pengidap hambatan kondisi tubuh seperti diabetes, dia memerlukan persiapan lebih, termasuk menentukan skema pola makannya.

Bagi pengidap diabetes, pemilihan makanan juga menjadi salah satu aspek penting wajib diperhatikan. Mereka harus mampu menjaga kadar gula tetap saja stabil untuk menghindari hal-hal yang tidak ada diinginkan.

Lantas, apa belaka pantangan makanan yang mana perlu dihindari penderita hiperglikemia ketika berbuka puasa? Berikut beberapa contohnya sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (7/3/2024).

Makanan yang mana Harus Dihindari Penderita Diabetes ketika Buka Puasa

1. Nasi Putih

Nasi putih memang sebenarnya dikenal sebagai makanan pokok sebagian besar publik Indonesia. Namun, di area sisi lain statusnya juga diketahui menjadi pantangan paling umum bagi penderita diabetes.

Adapun penyebabnya oleh sebab itu nasi putih ini mengandung glukosa yang digunakan mampu memicu kenaikan gula darah. Maka itu, penderita diabetes mellitus disarankan untuk menghurangi konsumsi nasi putih, termasuk ketika berbuka puasa.

Selain itu, akan lebih besar baik juga jikalau pengidap penyakit gula mengganti konsumsi nasi putih dengan sumber karbohidrat lain. Misalnya nasi merah, kentang, singkong, kemudian lain sebagainya.

2. Gorengan

Masyarakat Indonesia juga sangat menyukai makanan-makanan yang mana digoreng. Bahkan, sebagian di tempat antaranya kemungkinan besar selalu menjadikannya sebagai santapan wajib pada waktu berbuka puasa.

Namun, pengidap diabetes mellitus sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi jenis-jenis makanan yang tersebut digoreng. Salah satu alasannya dikarenakan gorengan mengandung kalori hingga lemak trans yang digunakan cukup tinggi.

3. Es Buah

Puasa juga sangat identik dengan beragam olahan penyegar mulut seperti es buah. Namun, penderita hiperglikemia bukan dianjurkan untuk mengonsumsinya agar kadar gula tetap memperlihatkan stabil.

Umumnya, pengidap penyakit gula sudah ada tahu bahwa dia tidaklah dianjurkan mengonsumsi minuman manis, baik yang mana ditambahkan gula maupun memakai pemanis buatan. Hal yang dimaksud juga berlaku untuk jenis olahan seperti es buah ini.

Tak hanya saja buah-buahan segar, biasanya es buah akan dikombinasikan dengan beberapa komponen lain. Seperti gula, kental manis, dan juga sirup sehingga rasa manisnya akan sangat pekat.

4. Makanan Ringan Kemasan

Berikutnya adalah jenis makanan ringan pada kemasan. Alasannya lantaran snack kemasan yang dimaksud biasanya berbagai mengandung kalori tinggi.

Tak belaka itu, beberapa jenisnya bahkan mengandung tepung terigu, gula hingga pengawet di kadar yang digunakan tinggi. Bahan-bahan yang terkandung pada pada snack dapat menghambat kinerja insulin di tubuh dan juga meningkatkan gula darah.

5. Makanan Tinggi Natrium

Pengidap hiperglikemia juga dianjurkan membatasi konsumsi makanan tinggi natrium. Jenisnya pun beragam dari makanan kalengan, makanan yang dimaksud diawetkan, daging olahan, makanan kemasan, juga lain-lain.

Demikianlah ulasan mengenai deretan makanan yang perlu dihindari pengidap diabetes mellitus ketika mengakses puasa.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!