Otomotif

6 Fungsi BPKB yang dimaksud Perlu Anda Tahu, Bisa untuk Cari Modal Usaha

Ashevilleglass.com – BPKB, singkatan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor, merupakan dokumen yang digunakan tak hanya saja menegaskan kepemilikan kendaraan Anda, tetapi juga miliki sebagian fungsi penting lainnya.

Sering kali, kita semata-mata menganggapnya sebagai dokumen biasa tanpa memperhatikan nilai sebenarnya. Namun, tahukah Anda bahwa BPKB dapat menjadi salah satu sumber modal untuk memulai atau mengembangkan kegiatan bisnis Anda?

Berikut adalah enam fungsi BPKB yang dimaksud perlu Anda ketahui, termasuk bagaimana Anda sanggup memanfaatkannya untuk mendapatkan modal usaha.

Ilustrasi BPKB - Cara Bayar Pajak Motor (Shutterstock)
Ilustrasi BPKB – Cara Bayar Pajak Motor (Shutterstock)

1. Bukti Kepemilikan

Fungsi utama BPKB adalah sebagai bukti resmi kepemilikan kendaraan yang mana diakui oleh pemerintah kemudian kepolisian. Nama pemilik kendaraan dan juga detail lainnya tercantum dengan jelas di dalam dalamnya, menjadikannya dokumen yang digunakan sah untuk menegaskan kepemilikan.

2. Syarat Perpanjangan Pajak Kendaraan

BPKB juga diperlukan sebagai salah satu persyaratan penting untuk melakukan perpanjangan pajak kendaraan. Tanpanya, Anda tiada akan diizinkan untuk membayar pajak, dan juga dapat dikenakan sanksi hukum.

3. Klaim Asuransi

Dalam perkara kehancuran kendaraan atau kecelakaan, BPKB dapat digunakan sebagai dokumen untuk mengajukan klaim asuransi. Hal ini mempermudah proses klaim dan juga menjamin Anda mendapatkan ganti merugikan yang tersebut sesuai.

4. Keamanan Pinjaman

BPKB mampu dijadikan jaminan ketika Anda membutuhkan pinjaman dana, baik dari bank, koperasi, atau lembaga keuangan lainnya. Dokumen ini membuktikan kepemilikan aset yang digunakan dapat dijadikan jaminan, sehingga menguatkan kedudukan Anda di mendapatkan pinjaman.

5. Syarat Administrasi Kendaraan

Selain digunakan untuk perpanjangan pajak, BPKB juga diperlukan di proses registrasi kendaraan baru dan juga untuk melaporkan kehilangan kendaraan. Hal ini menunjukkan pentingnya BPKB sebagai dokumen administrasi kendaraan yang tersebut sah.

6. Transaksi Jual Beli

Ketika Anda mengirimkan kendaraan, BPKB menjadi dokumen yang digunakan penting untuk proses balik nama kepemilikan. Tanpanya, operasi jual beli kendaraan tiada dapat diadakan secara legal, dan juga kendaraan yang mana dijual dapat dianggap ilegal atau hasil curian.

Dengan memahami fungsi-fungsi BPKB ini, Anda dapat mengawasi nilai yang mana lebih besar besar dari dokumen tersebut.

Selain menjaga keabsahan kepemilikan kendaraan Anda, BPKB juga dapat menjadi sumber modal ketika Anda membutuhkan dana tambahan untuk memulai atau mengembangkan bidang usaha Anda.

Namun, pastikan untuk selalu menggunakan BPKB dengan bijak serta hati-hati, dan juga konsultasikan dengan pihak yang tersebut ahli sebelum mengambil tindakan besar yang tersebut melibatkan dokumen ini.

Related Articles

Back to top button