Kesehatan

6 Perbedaan Glukosa juga Fruktosa, Penderita Diabetes Perlu Waspada

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Glukosa dan juga fruktosa merupakan gula yang digunakan terdapat pada sayur dan juga buah, namun keduanya bukan sama.

Jika Anda tidaklah menderita diabetes mellitus atau sedang mencoba menurunkan berat badan, gula mungkin saja merupakan komponen penting pada diet.

Gula tidak sekadar komponen berwarna putih yang digunakan memberi rasa manis pada masakan. Gula dapat ditemukan pada buah-buahan, seperti pisang kemudian anggur.

Secara umum, glukosa lalu fruktosa biasa dikonsumsi. Keduanya adalah gula simpel yang mana ditemukan di tempat berbagai makanan, namun keduanya bukan sama.

Apa itu glukosa?

Glukosa adalah gula sederhana, juga dikenal sebagai monosakarida, yang tersebut berfungsi sebagai sumber energi utama bagi organisme hidup. Hal ini adalah komponen kunci karbohidrat sehingga ditemukan di berbagai makanan kaya karbohidrat, seperti roti, pasta, nasi, kentang, buah-buahan, lalu sayuran.

Apa itu fruktosa?

Fruktosa, juga merupakan gula simpel atau monosakarida, ditemukan di buah-buahan, madu, serta beberapa sayuran akar. Ini adalah juga digunakan sebagai pemanis pada makanan serta minuman olahan.

Apa perbedaan antara glukosa juga fruktosa?
Apel, jeruk, pisang, anggur, ceri, nanas, blueberry, stroberi, kiwi, serta mangga merupakan beberapa buah yang mana mengandung glukosa serta fruktosa.

Wortel, ubi jalar, bit, kacang polong, jagung, paprika, kemudian tomat juga mengandung gula ini. Jelasnya, sumbernya kurang lebih tinggi sama, namun ada beberapa perbedaan antara glukosa kemudian fruktosa.

Perbedaam Glukosa vs Fruktosa

1. Kerangka kimia
Glukosa kemudian fruktosa mempunyai rumus kimia yang dimaksud serupa (C6H12O6), tetapi susunan atomnya berbeda. Glukosa miliki struktur cincin enam karbon, sedangkan fruktosa memiliki struktur cincin lima karbon, jelas Singhwal. Perbedaan struktural ini mempengaruhi bagaimana mereka itu dimetabolisme di tempat pada tubuh.

2. Manisnya
Fruktosa lebih tinggi manis dari glukosa. Perbedaan rasa manis ini mempengaruhi preferensi makanan dan juga penyelenggaraan gula yang dimaksud pada makanan serta minuman olahan.

3. Metabolisme
Glukosa dimetabolisme di area di tubuh melalui proses glikolisis, dalam mana glukosa dipecah untuk menghasilkan kembali energi. Fruktosa khususnya dimetabolisme di area hati, di area mana ia dapat diubah menjadi glukosa atau disimpan sebagai lemak.

4. Pengaruh terhadap gula darah
Glukosa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kadar gula darah oleh sebab itu cepat diserap ke pada aliran darah. Fruktosa miliki indeks glikemik yang dimaksud lebih tinggi rendah dan juga tak menyebabkan lonjakan kadar gula darah seperti glukosa.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!