Otomotif

Aki Motor Tekor? Cegah dengan 5 Trik Jitu Berikut

Ashevilleglass.com – Ketika aki motor Anda mulai menunjukkan gejala kekurangan daya, itu sanggup menjadi tanda bahwa Anda perlu segera mengambil langkah pencegahan.

Jangan biarkan kendaraan Anda terjebak di area jalan lantaran aki yang mana mati. Berikut ini adalah lima trik jitu yang dimaksud dapat membantu Anda mengurangi aki motor Anda menjadi tekor, dikutipkan dari situs resmi Suzuki:

1. Cara Pemasangan Pertama Kali

Saat Anda mengganti aki motor, jangan terburu-buru untuk segera menggunakannya. Pemasangan pertama kali sangat penting untuk menentukan ketahanan aki Anda.

Pastikan cairan aki berada pada level maksimal serta periksa tegangannya sebelum Anda mulai berkendara. Ini adalah adalah langkah awal yang digunakan penting untuk melakukan konfirmasi kinerja optimal aki Anda.

2. Kecocokan Aki Dengan Jenis Kendaraan

Pilihlah aki yang dimaksud sesuai dengan jenis kendaraan Anda. Tidak semua aki cocok untuk semua kendaraan, dan juga menggunakan aki yang tersebut salah bisa jadi mengempiskan usia pakai aki Anda.

Pastikan Anda setiap saat menggunakan produk-produk aki yang dimaksud direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan Anda untuk memverifikasi kinerja yang dimaksud optimal.

3. Perawatan atau Servis Berkala

Seperti mesin, aki motor juga membutuhkan perawatan atau servis berkala. Hal ini termasuk melakukan setrum ulang, juga penambahan atau pergantian cairan aki sesuai kebutuhan.

Pastikan Anda mengikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan untuk menjaga kinerja aki Anda di kondisi terbaik.

4. Pengaplikasian Peralatan Elektronik

Hindari penyelenggaraan berlebihan perangkat elektronik tambahan yang dapat menguras daya aki, seperti lampu tambahan atau perangkat audio.

Jika memungkinkan, pasanglah aki yang tersebut miliki kapasitas yang cukup untuk menangani beban tambahan dari perangkat tersebut.

5. Jarang Memanaskan Mesin

Pemanasan mesin tidaklah semata-mata penting untuk memaksimalkan tenaga mesin, tetapi juga untuk mengisi ulang daya aki.

Pastikan Anda memanaskan mesin selama 5-10 menit sebelum menggunakannya, khususnya jikalau kendaraan sudah duduk tiada digunakan untuk waktu yang lama. Ini adalah akan membantu meyakinkan aki Anda siap untuk digunakan dengan optimal.

Dengan mengikuti lima trik jitu dalam atas, Anda dapat melanjutkan umur pakai aki motor Anda lalu menghindari permasalahan tekor di area jalan. Selamat berkendara!

Related Articles

Back to top button