Kesehatan

Anak Lemas kemudian Tak Mau Lepas Gendongan, Segera ke Dokter! Bisa Jadi Kena DBD

Ashevilleglass.com – SURABAYA – Demam berdarah dengeu (DBD) pada anak harus lebih banyak diwaspadai. Biasanya anak tiada bisa saja mengungkapkan apa yang dirasakan. Orang tua yang mana harus pro bergerak ketika anak telah mulai lain dari biasanya.

DBD ditandai dengan suhu tubuh yang digunakan meninggi, di area menghadapi 39 derajat celsius.

“Pastinya harus dilihat anak batuk pilek tidak. Kalau tidak ada dan juga panas tinggi perlu curiga itu DBD,” ungkap Dokter Spesialis Anak dr. Dini Adityarini, SpA di acara Langkah Bersama Cegah DBD dalam Surabaya,belum lama ini.


Terkadang gejala, DBD ini tidaklah jelas juga kerap kali berubah-ubah, bahkan rutin kali bertumpukan dengan infeksi yang tersebut lain. Tapi yang tersebut pasti, kata dr Dini, anak yang telah tiga hari panas pada melawan 39 derajat celsius memang benar harus segera diperiksakan.

“Terutama jikalau anak telah lemes, tidak ada mau lepas dari gendongan ibu atau ayahnya, maka segera bawa ke rumah sakit, jangan sampai terlambat,” ungkapnya.

Dokter Dini mengungkapkan, jikalau anak sudah ada mulai muncul bintik merah, kondisi sudah ada memburuk oleh sebab itu bintik merah, itu tanda sudah ada terjadi pendarahan.

“Dokter harus kerja keras untuk bisa saja mengobati pasien dengan kondisi seperti itu,” terangnya.

Sementara itu, semakin banyaknya penderita DBD di area Indonesia, memproduksi pemerintah mulai memberikan solusi dengan vaksin selain dengan kegiatan 3M. Vaksin ini memang sebenarnya tak wajib, namun sebagai alternatif bagi orang tua agar anaknya dapat terhindar dari penyakit ini.

“Untuk usia enam tahun ke menghadapi kemudian masih berbayar,” katanya.

Mantan Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Emil Dardak mengatakan, di dalam negara tropis seperti Indonesia, adalah tempat pada mana nyamuk bersarang. Sehingga mau tak mau, publik harus mampu hidup berdampingan dengan nyamuk tersebut.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!