Kesehatan

Apakah Boleh Keramas pada waktu Sedang Haid? Hal ini Faktanya

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Boleh semata untuk keramas selama haid . Pada dasarnya tiada ada larangan kondisi tubuh yang dimaksud menghentikan seseorang dari melakukan keramas selama masa menstruasi.

Namun, ini adalah preferensi pribadi, kemudian beberapa orang kemungkinan besar merasa lebih tinggi nyaman untuk tak mencuci rambut mereka itu atau keramas selama haid .

Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak mengungkapkan bahwa keramas ketika haid justru baik untuk kebugaran lapisan kulit kepala. Ini adalah lantaran produksi kelenjar keringat ketika menstruasi akan meningkat.

“Justru keramas pada waktu haid itu akan menjaga kebugaran kemudian juga menjaga kenyamanan lapisan kulit kepala kamu selama masa haid,” kata dr Kevin diambil dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Kamis (7/3/2024).

“Karena ketika masa haid, produksi kelenjar keringat dan juga produksi minyak dapat meningkat. Dan keramas pada waktu haid bukan akan menyebabkan darah haid menjadi beku,” sambungnya.

Selain tiada menyebabkan darah haid menjadi beku, dr Kevin juga membantah anggapan keramas ketika menstruasi akan menyebabkan nyeri kepala bertambah atau menyebabkan pori-pori jadi terbuka. Menurutnya, hal yang disebutkan hanyalah mitos yang tersebut belum terbukti kebenarannya secara ilmiah.

“Jadi kamu kalau mau keramas pada waktu haid silahkan belaka ya,” jelasnya.

Di sisi lain, apabila Anda memilih untuk keramas ketika haid, pastikan untuk memilih barang perawatan rambut yang dimaksud sesuai dengan jenis rambut. Penting hindari menggunakan air yang dimaksud terlalu panas, lantaran hal ini dapat mengiritasi epidermis kepala lalu meningkatkan produksi minyak.

Selain itu, gunakan produk-produk yang digunakan lembut lalu aman untuk digunakan selama masa haid. Penting untuk tetap saja menjaga kebersihan diri selama menstruasi, termasuk menjaga area genital bersih.

Caranya adalah dengan mengganti pembalut atau tampon secara teratur. Anda juga dapat mencuci tangan sebelum lalu pasca melakukan perawatan pribadi.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!