Bisnis

Bakal Ada Diskon Tarif Tol Saat Mudik Lebaran 2024, Besarannya hingga 20%

JAKARTA – Asosiasi Tol Tanah Air (ATI) disebutkan sudah ada mengirimkan surat terkait rencana pemberian diskon tarif tol pada periode Lebaran 2024 . Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat (PUPR), Tulus Abadi mengatakan, diskon yang disebutkan akan diberikan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) maksimal 20% dari nilai tukar normal pada periode tertentu.

Pemberian diskon tarif yang disebutkan bertujuan untuk mendistribusikan lalin agar tak terkonsentrasi pada satu waktu yang digunakan sama.

“Asosiasi Tol Nusantara (ATI) telah berkirim surat untuk Menteri PUPR untuk menginformasikan bahwa akan ada diskon tarif kisarannya maksimum 20% dari nilai yang digunakan ada,” ujar Tulus di media gathering Astra Infra pada Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Lebih lanjut, Tulus menerangkan, diskon yang disebutkan utamanya akan diberikan pada ruas tol trans Jawa yang tersebut pada waktu ini masih menjadi titik pergerakan paling lebih tinggi berdasarkan survey, pada periode arus mudik juga balik Lebaran 2024.

“Khususnya ke Trans Jawa yang tersebut diberlakukan. Tapi ini belum ada pengumuman resmi dari BUJT, namun dari informasi yang mana diterima Kementerian PUPR, akan ada diskon tarif dari bujt di 20% (maksimal) pada ruas trans Jawa,” sambungnya.

Tulus mengaku hingga pada waktu ini pihaknya telah berbicara secara intens untuk BUJT terkait rencana pemberian diskon tarif tol. Bahkan rencananya, diskon tarif tol akan diberikan hingga ruas tol Kalikangkung. Terkait pengumuman resminya, targetnya pada H-7 Lebaran sudah ada disosialisasikan lebih tinggi sangat jauh ke masyarakat.

Menurutnya, kepadatan kendaraan diperkirakan akan berlangsung hingga ruas tol Kalikangkung. Hal yang disebutkan mengamati proyeksi pergerakan pendatang yang tersebut berada ke pulau Jawa selama periode arus mudik kemudian balik lebaran 2024.

Pergerakan tertinggi berjalan dalam wilayah Jawa Timur, kedua adalah Jabodetabek. Sedangkan tujuan pemudik berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mayoritas akan mengarah ke Jawa Tengah.

“Akan diberlakukan pada ruas trans Jawa, kalau saya diskusi dengan BUJT lain kelihatannya sampai Kalikangkung, akibat setelahnya Kalikangkung kondisinya sepi, tidak ada berani memberikan diskon. Artinya trafiknya, revenue -nya juga kecil, kemacetan juga sudah ada berkurang sebab telah sepi sewaktu sampai Kalikangkung,” pungkasnya.

Artikel ini disadur dari Bakal Ada Diskon Tarif Tol Saat Mudik Lebaran 2024, Besarannya hingga 20%

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!