Bisnis

BUMN Diubah Jadi Koperasi, Stafsus Erick Thohir: Idenya Aneh

Ashevilleglass.com – Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menilai ide mengubah BUMN menjadi koperasi merupakan gagasan yang tersebut aneh. Senada dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Arya mengumumkan ide ini justru bisa saja berdampak pada meningkatnya tingkat pengangguran.

Arya menyebut, tidaklah belaka pekerja BUMN sekadar yang tersebut terdampak, tetapi juga perusahaan-perusahaan yang digunakan bekerja identik dengan BUMN juga terlibat terimbas.

“Memang idenya aneh mau jadikan BUMN jadi koperasi. Dan buat 1,6 jt karyawan BUMN nganggur semua,” ujar Arya terhadap wartawan, Hari Senin (5/2/2024).

Baca Juga: Erick Thohir Disebut Pelintir Isu BUMN Jadi Koperasi, Stafsus: Kalau Salah Ide Akui Saja

“Dan belum lagi pihak-pihak ketiga yang tersebut memperkuat BUMN banyak banget berapa jt keluarga yang mana akan terganggu dengan ide tersebut,” tambah dia.

Arya meminta, kelompok sukses pasangan calon (paslon) nomor urut 1 AMIN untuk tidak ada saling menyalahkan gagasan ide tersebut. Dia menegaskan, timses harus berani mengaku salah, apabila memang benar ide yang dimaksud salah.

“Jadi ya udahlah kalau memang benar salah idenya terima salah, jangan katakan orang lain hoaks. Karena dari bukti yang tersebut kami dapat benar kok ada penyebaran ide itu kemana-mana,” ucap dia.

Sebelumnya, Juru Bicara Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) Said Didu menyebut tak ada ide atau gagasan dari paslon Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar yang ingin mengubah BUMN jadi Koperasi.

Said Didu.[YouTube/MSD]
Said Didu.[YouTube/MSD]

Menurut dia, usulan itu muncul ketika Timnas AMIN mengadakan diskusi lalu dibicarakan oleh Pakar Koperasi Suroto.

Baca Juga: Ahok Mundur dari Komut Pertamina, Pernah Sentil Hilirisasi Nikel Jokowi: Hidrogen Masa Depan

“Padahal Timnas AMIN undang pakar koperasi eksternal serta salah satu pakar koperasi Suroto yang mana menyatakan BUMN sebaiknya dimiliki oleh koperasi. Jadi sejenis sekali tak ada sikap pasangan AMIN yang digunakan ingin mengubah BUMN,” kata Said Didu.

Tanggapan Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir menanggapi adanya usulan timses paslon Capres nomor urut 1 yang dimaksud akan menggantikan BUMN menjadi Koperasi. Menurut Erick sejumlah dampak yang tersebut terjadi jikalau BUMN digantikan koperasi.

Salah satunya, akan banyak pengangguran baru jikalau memang benar usulan itu dijalankan, Dia memperkirakan akan ada 1,6 jt orang pegawai BUMN mengganggur akibat usulan tersebut.

“Jika ingin dibubarkan juga diganti dengan koperasi, maka sebanding belaka memunculkan pengangguran baru di dalam pada waktu semua orang butuh lapangan pekerjaan. Sangat tiada masuk akal. Apalagi selama ini, para karyawan BUMN sudah ada menunjukkan hasil kerjanya sebagai agen inovasi di menumbuhkan dunia usaha Indonesia,” ujar Erick yang dimaksud dikutip, Awal Minggu (5/1/2024).

Related Articles

Back to top button