Lifestyle

Cara Mencoblos dalam Pemilihan Umum 2024, Jangan Lupa Bawa 2 Berkas Hal ini ke TPS!

Ashevilleglass.com – Waktu untuk coblos pemilihan raya 2024 akhirnya akan datang pada hitungan hari. Sebelum pergi ke tempat nyoblos, sangat penting untuk mengetahui cara coblos pemilihan 2024 terlebih dahulu. 

Tata cara coblos pemilihan raya 2024 merupakanhal penting untuk diketahui, khususnya oleh para pemilih pemula supaya kita tak melakukan kesalahan hingga surat pernyataan dianggap tiada sah. 

Proses pencoblosan sendiri diatur di Undang-undang nomor 7 tahun tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Dalam konteks pemilu, mencoblos mengacu untuk langkah-langkah pemanfaatan hak pernyataan oleh warga negara Indonesia yang dimaksud sudah ada memenuhi aturan sebagai pemilih. 

Syarat coblos pemilihan 2024 
Adapun persyaratan coblos Pemilihan Umum 2024 tiada sangat berbeda dengan aturan coblos pemilihan raya 2019. Berikut ketentuan coblos pemilihan raya 2024. 

Dilihat dari segi aturan seseorang dapat menggunakan hak pilihnya, ia haruslah seseorang yang mana sudah ada memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan e-KTP
2. Sudah berusia minimal 17 tahun pada pada waktu pemilihan berlangsung 
3. Sudah terdaftar sebagai pemilih area pemungutan suara. 
4. Hak pilihnya sedang tidak ada dicabut oleh sebab itu suatu alasan, misalnya sedang menjalani hukuman pidana atau dinyatakan bersalah oleh pengadilan sebagai tak memenuhi aturan menggunakan hak pilih.
5. Aspek Kesehatan mental tak terganggu 
6. Bukan seseorang yang menjabat sebagai TNI, ia baru bisa jadi menggunakan hak pilihnya ketika sudah ada menjadi purnawirawan. 

Berkas yang dibawa ketika coblos Pemilihan Umum 2024 

Saat berangkat ke tempat pemungutan suara, kita harus menyebabkan berkas khusus yang digunakan membuktikan kita telah terdaftar sebagai pemilih lalu dapat menggunakan suara. Berikut berkas yang dimaksud dibawa pada waktu coblos Pemilihan Umum 2024.

1. Berkas formulir pemberitahuan atau undangan nyoblos (Formulir mode C-6) 
2. Membawa e-KTP (KTP elektronik) atau surat keterangan dari Disdukcapil 

Cara nyoblos di tempat TPS 2024 

Tata cara nyoblos di tempat TPS 2024 diatur pada Pasal 353 ayat 1 Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Berikut tata cara nyoblos ketika pemilihan raya 2024 yang mana harus kamu ketahui.

1. Datang ke TPS pada hari Rabu, 14 Februari 2024, pukul 07.00-13.00 waktu setempat.
2. Bawa berkas surat undangan atau formulir pemberitahuan model C-6 juga KTP elektronik.
3. Isi daftar hadir kemudian serahkan surat undangan atau formulir C-6 yang dimaksud serta juga KTP ke petugas KPPS.
4. Silahkan tunggu sampai dipanggil oleh petugas KPPS 
5. Kalau sudah ada dipanggil, ambil surat ucapan serta pergi ke bilik pencoblosan. 
6. Coblos satu kali pada nomor, nama, foto pasangan calon atau tanda gambar partai urusan politik pengusul pada satu kotak pada surat pendapat untuk pemilihan Presiden serta Wakil Presiden. 
7. Coblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, lalu atau nama calon anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten 
8. Coblos satu kali pada nomor, nama, atau foro calon untuk anggota DPD.
9. Selesai mencoblos, lipat surat kata-kata seperti semula
10. Masukkan surat pendapat ke kotak pendapat yang tersebut tersedia
11. Datangi petugas KPPS untuk mencelupkan satu jari ke tinta sebagai tanda sudah ada selesai memberikan hak suara. 

Demikian itu cara coblos Pemilihan Umum 2024 serta informasi aturan dan juga berkas yang dimaksud harus dibawa pada waktu coblos pemilihan 2024. 

Kontributor : Mutaya Saroh

Related Articles

Back to top button