Nasional

Denny Indrayana Asumsi Gugatan Anies juga Ganjar Dikabulkan MK

JAKARTA – Guru Besar Hukum Tata Negara Denny Indrayana memprediksi gugatan sengketa Pilpres 2024 yang digunakan diajukan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) kemudian Ganjar Pranowo-Mahfud MD dikabulkan oleh Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Proyeksi Denny didasari melawan posita permohonan dan juga juga alat bukti.

“Prediksi saya, ada prospek permohonan Paslon 01 kemudian 03 dikabulkan oleh Mahkamah Konstitusi,” kata Denny diambil dari akun pribadi X miliknya @dennyindrayana, Rabu (27/3/2024).

Ia juga menilai, komposisi majelis hakim MK yang tersebut mengadili permohonan perselisihan hasil pilpres (PHPU) itu juga berubah menjadi aspek permohonan kubu Anies-Muhaimin kemudian Ganjar-Mahfud akan datang dikabulkan.

“Prediksi itu dilandaskan tidak belaka pada argumentasi pada pada posita permohonan serta alat-alat bukti yang tersebut diajukan oleh Tim Hukum Paslon 01 kemudian 03, tetapi lebih besar sangat setelahnya mencermati komposisi Majelis Hakim MK yang tersebut menyidangkan sengketa Pilpres 2024,” terang Denny.

Dengan komposisi hakim tanpa Anwar Usman, Denny berkata, belaka butuh empat majelis gugatan itu bisa jadi dikabulkan oleh MK. Namun, ia menafsirkan sikap Ketua MK Suhartoyo harus pada sikap mengabulkan gugatan.

“Dengan majelis yang dimaksud belaka delapan orang, tanpa Hakim Konstitusi Anwar Usman, maka dibutuhkan minimal 4 hakim saja, dengan Ketua MK Suhartoyo berada dalam tempat mengabulkan, untuk putusan diskualifikasi Paslon 02, berubah menjadi mungkin saja terjadi,” terang Denny.

Kendati demikian, Denny tak sanggup pastikan gugatan itu bisa jadi sepenuhnya dikabulkan oleh MK. “Apakah prediksi itu berubah jadi kenyataan? Kita lihat pada waktu putusan dibacakan beberapa hari ke depan,” tandasnya.

Sekadar informasi, MK telah terjadi mengadakan sidang perdana permohonan PHPU, Rabu (27/3/2024). Dalam sidang itu, kubu 01 juga 03 melayangkan petitum agar MK membatalkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 360 Tahun 2024 yang tersebut menetapkan Prabowo Subianto juga Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024.

Mereka juga memohonkan MK untuk menyatakan diskualifikasi terhadap Prabowo-Gibran sebagai Anggota Pilpres 2024. Mereka juga mengajukan permohonan agar MK mampu memerintahkan terhadap KPU untuk melakukan pemungutan pengumuman ulang Pilpres 2024 tanpa mengikutsertakan Prabowo-Gibran.

Artikel ini disadur dari Denny Indrayana Prediksi Gugatan Anies dan Ganjar Dikabulkan MK

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!