Bisnis

E-Commerce Diminta Genjot Kampanye Cinta Barang Lokal

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Sejumlah anggota DPR RI menyambut baik kolaborasi Tokopedia serta Tiktok. Kerjasama dua jaringan pada perusahaan e-commerce ini dinilai dapat meningkatkan kapasitas para pelaku Usaha Mikro Kecil dan juga Menengah atau UMKM .

Anggota Komisi VI DPR RI Singgih Januratmoko, menyebutkan bergabungnya Tokopedia juga Tiktok mampu menyelesaikan permasalahan yang mana selama ini menjadi tantangan berat pelaku UMKM, yakni akses pasar.

“Kita harapkan kolaborasi ini sanggup membantu lalu bisa jadi meningkatkan pelanggan temen-teman UMKM. Karena memang sebenarnya selama ini kan UMKM masalahnya ada pada penjualannya. UMKM kita mampu memproduksi barang berkualitas, tapi sulit menjualnya khususnya ketika konsumen semakin beralih ke belanja online,” ucap Singgih di area Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Maka itu, Singgih menilai inisiatif Kemendag untuk mengizinkan UMKM untuk berjualan kembali dalam Tiktok, sebagai bagian proses transisi kemudian integrasi ke Tokopedia, adalah hal positif. Konsekuensi itu kian terasa akibat selama periode transisi berlangsung, bersamaan dengan kesempatan Ramadan.

“Bulan Ramadan kan memang benar daya beli meningkat. Istilahnya, inilah musim panen para penjual lantaran permintaan setiap saat melonjak terpencil di tempat melawan rata rata. Saya berharap para UMKM kita yang tersebut berdagang via e-commerce mampu melipatgandakan penjualan,” katanya.

Singgih bahkan berharap Tiktok dan juga Tokopedia berperan tambahan besar pada membantu UMKM menyeberangi musim panen ini. Misalnya memberikan inisiatif unggulan seperti promo dan juga diskon atau gratis pengiriman.

“Kalau ada ongkos kirim gratis kemudian ekonomis kan akan meningkatkan lagi daya belinya,” katanya sambil memuji kampanye Beli Lokal Tokopedia sebagai bentuk keberpihakan yang nyata.

Anggota Komisi VI DPR RI lainnya, Nasim Khan menambahkan, kolaborasi Tiktok dan juga Tokopedia diharapkan mampu meningkatkan penyelenggaraan produk-produk di negeri.

“Munculkan dulu cinta item Indonesia. e-commerce mana pun yang mana menjalankan inisiatif cinta hasil lokal, wajib kita membantu akibat memberikan kegunaan yang tersebut besar untuk masyarakat,” kata Nasim.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!