Bisnis

Emiten Grup Bakrie Gadaikan Saham Demi Dapat Utang

Ashevilleglass.com – Emiten Grup Bakrie, PT Tenaga Mega Persada Tbk (ENRG) telah terjadi menggadaikan saham perseroan dan juga sahamnya pada beberapa anak usaha sebagai jaminan pinjaman senilai USD150 juta.

Pinjaman utang ini di area peroleh dari Deutsche Bank cabang Singapura kemudian lembaga keuangan lainnya.

Secara rinci EMP Bentu Limited, anak usaha ENRG meraih infrastruktur pinjaman senilai USD150 jt dari bank asing juga lembaga keuangan asing pada tanggal 30 November 2023.

“Bahwa pinjaman baru ini untuk memperbaiki kondisi modal kerja guna pengembangan kegiatan operasi untuk peningkatan ukuran produksi aset-aset,” sebut keterangan resmi perseroan pada Selasa (6/2/2024).

Kondisi ini memproduksi kewajiban jangka pendek lebih lanjut besar dari aset lancar seperti tertera pada laporan keuangan tahun 2022.

Dalam laporan tersebut, dicatatkan aset lancar hanya sekali USD180 juta, sedangkan kewajiban lancar mencapai USD338 juta.

Kondisi yang disebutkan tak banyak berubah jikalau mengacu laporan keuangan sembilan bulan 2023. ENRG melaporkan kewajiban jangka pendek mencapai USD371,61 juta, tapi aset lancar cuma USD195,33 juta.

“Hal ini menjadikan ENRG mengalami kondisi modal kerja yang tersebut mana total Liabilitas Jangka Pendeknya tambahan besar dari Aset Lancarnya. Sehingga perseroa melakukan efisiensi berhadapan dengan biaya-biaya operasi berjalan, restrukturisasi kemudian penjadwalan kembali melawan kewajiban-kewajibannya yang dimaksud telah serta akan jatuh tempo, lalu peningkatan jumlah produksi dari aset-aset yang tersebut telah ada,” papar manajemen ENRG.

Dampaknya, anak bisnis ENRG yang disebutkan berkewajiban membayar bunga 5,5 persen ditambh SOFR berjangka (1 bulan) per tahun hingga jatuh tempo pada tanggal 3 Desember 2027.

Related Articles

Back to top button