Teknologi

Google Habiskan Simbol Rupiah 33 Trilyun Akibat PHK Massal

Ashevilleglass.com – Google ternyata harus mengeluarkan biaya 2,1 miliar Dolar Negeri Paman Sam atau sekitar Mata Uang Rupiah 33,1 triliun akibat melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ke para karyawannya sepanjang tahun 2023 lalu.

Biaya yang dimaksud diperlukan untuk pesangon 12.000 karyawan Google yang dimaksud terdampak maupun pengeluaran lain.

Belum habis pada situ, Google juga menghabiskan dana 700 jt Dolar Amerika Serikat atau sekitar Simbol Rupiah 11 triliun pada waktu melakukan PHK sejak awal Januari 2024.

Badai PHK Google ketika awal tahun ini berdampak ke sekitar 1.000 orang, sebagaimana dilansir dari The Verge, Rabu (31/1/2024).

Meskipun ada pemecatan, Google justru sukses mengakhiri tahun 2023 dengan perkembangan dalam sebagian besar lini bisnisnya.

Tercatat Google membukukan pendapatan 86 miliar Dolar Amerika Serikat atau Simbol Rupiah 1.357 triliun selama kuartal empat (Q4) 2023. Angka ini meningkat 13 persen secara year-over-year (YoY).

Pendapatan utama perusahaan ini terdorong berkat industri mesin pencarian (search engine) Google Search. Lini industri ini menciptakan 48 miliar Dolar Amerika Serikat (Rp 756 triliun), naik 13 persen secara YoY.

Faktor lainnya yakni layanan berlangganan seperti YouTube Music, YouTube Premium, YouTube TV, hingga Google One. Mereka mampu memunculkan 10,7 miliar Dolar Negeri Paman Sam atau sekitar Mata Uang Rupiah 168 triliun dari kegiatan bisnis tersebut.

CEO Alphabet (perusahaan induk Google) Sundar Pichai pun mengatakan kalau tahun 2024 ini adalah era Gemini. Mereka akan datang gencar mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di dalam semua komoditas utama Google.

Pichai pun melakukan konfirmasi kalau komoditas chatbot itu akan segera mempunyai penerus yang mana diberi nama Gemini Ultra. Saat ini merek masih mengembangkannya sebelum dirilis ke publik.

“Gemini Ultra akan segera hadir. Tim sedang mengerjakan versi berikutnya dan juga menghadirkannya ke produk-produk kami, dimulai dengan Google Search,” tukasnya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button