Teknologi

Industri Pertelekomunikasian Tidak Baik-baik Saja, Indosat Malah Tersenyum Lebar

Ashevilleglass.com – Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan kinerja selama sepanjang 2023, dengan membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di area sepanjang 2023.

Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY).

Pertumbuhan total pendapatan yang disebutkan didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen kemudian korporasi juga kinerja positif dari semua lini kegiatan bisnis Perusahaan.

Pendapatan Selular meningkat 8,7 persen YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Angka serta Interkoneksi.

Sementara itu pendapatan Multimedia, Angka Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0 persen YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan juga Dunia Maya Tetap.

Selanjutnya, pendapatan Komunikasi Jarak Jauh Tetap juga meningkat pesat 28,4 persen YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional kemudian Jaringan tetap.

Ilustrasi Indosat Ooredoo Hutchison. [Indosat]
Ilustrasi Indosat Ooredoo Hutchison. [Indosat]

Peningkatan pendapatan ini juga disertai oleh optimalisasi biaya yang digunakan berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0 persen YoY menjadi Rp23,9 triliun.

Indosat juga berhasil mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi bertambah solid sebesar 46,8 persen, meningkat 4,5 poin persentase YoY.

Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang digunakan Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun juga tetap saja positif selama 3 tahun berturut-turut.

“Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan juga tentunya seluruh karyawan kami,” ucap Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Menurutnya, kinerja keuangan serta operasional yang kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus mengupayakan kemajuan ekosistem lapangan usaha telekomunikasi di dalam Indonesia.

“Peka terhadap dinamika pasar, pengembangan layanan yang digunakan berpusat pada teknologi, juga integritas pada keunggulan operasional tak belaka menjadi kunci pada menavigasi perkembangan industri namun turut memperbesar penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami,” beber beliau di keterangan resminya, Kamis (8/2/2024).

Sepanjang 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus jt pelanggannya dalam kedua merek konsumennya, IM3 serta Tri, yang tersebut menghasilkan kembali peningkatan Mobile Average Revenue Tiap User (ARPU) sebesar 5,3 persen menjadi Rp35,6 ribu.

Bertambahnya basis pelanggan yang mana berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0.

Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat juga mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang tersebut diberikan Organisasi terhadap pelanggan.

Related Articles

Back to top button