Nasional

Ini adalah Bahaya Loh! Pesan Menohok Ahok untuk Kaesang yang digunakan Dirumorkan Maju pemilihan gubernur DKI

Ashevilleglass.com – Politisi PDI yang dimaksud juga mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berikan sindiran menohok mengenai rumor bahwa putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan progresif di dalam pemilihan gubernur DKI DKI Jakarta 2024.

Ahok pada waktu menjadi bintang tamu pada kanal Youtube Merry Riana mengaku tiada tahu mengenai rumor tersebut. Namun Ahok kemudian singgung masalah batas usia seseorang yang dimaksud ingin forward pada kontestasi pemilihan kepala daerah atau Pemilu.

Awalnya, host Merry Riana memohonkan pendapat Ahok persoalan apakah dirinya akan maju dalam pemilihan gubernur DKI 2024, dan juga calon-calon yang digunakan digadang akan segera jadi orang nomor satu di tempat Jakarta.

Baca juga:

  • Bandara Pattimura Ambon Sempat Ditutup Sementara hari terakhir pekan Siang, Ini adalah Penyebabnya

Saat ditanya masalah Kaesang Pangarep, Ahok kemudian berikan sindiran menohok. Sindiran itu tentang teman atau saudara di area Mahkamah Konstitusi (MK) yang dimaksud kemungkinan besar bisa jadi ubah aturan.

“Saya gak tahu. Tadi dikirimin orang ada guyonan, katanya pemilihan kepala daerah itu, calonnya ada batas umur juga yah. 28 atau berapa yah. Kalo gak salah yah. Mau jadi kepala wilayah harus 28 ataua berapa gitu, saya lupa,” ungkap Ahok seperti dikutip, Hari Sabtu (9/3).

“Saya gak tau mas Kaesang umur berapa?” tambah Ahok. Merry Riana kemudian jelaskan mengenai umur ketum PSI tersebut.

“Kalau menurut timmingnya, di area bulan Desember (2024) baru menyeberangi batas usia. Jadi kalau itu terjadi sekarang, belum menyeberangi batas usia,” jelas Merry.

Baca juga:

  • Diungkap Mahfud MD, Begini Respon Ganjar Usai Dilaporkan ke KPK

Ahok kemudian berikan sindiran menohok. “Oh kemungkinan besar nanti ada teman atau suadara yang ajukan ke MK. Mungkin yah, saya gak tahu,”

“MK jilid dua dong,” sahut Merry Riana sembari tertawa.

“Saya gak ngomong yah, disclaimer. Hal ini bahaya lho,” Ahok segera buru-buru mengklarifikasi.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan lalu Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur, Pimpinan Daerah serta Wali Kota, usia minimal untuk mengambil bagian Pemilihan Kepala Daerah adalah 30 tahun.

Hal itu tepatnya diatur pada Bab II terkait Persyaratan Calon lalu Pencalonan ayat 1 poin d.

“Berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun untuk Calon Gubernur dan juga Wakil Gubernur juga 25 (dua puluh lima) tahun untuk Calon Kepala Daerah juga Wakil Kepala Daerah atau Calon Walikota kemudian Wakil Walikota terhitung sejak penetapan Pasangan Calon,” tulis aturan tersebut.

Sebelumnya, nama Kaesang Pangarep digadang-gadang akan jadi calon gubernur DKI Jakarta. Politisi Nasdem yang mana juga masuk bursa kandidat, Ahmad Sahroni juga sempat sebut nama anak Jokowi tersebut.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!