Bisnis

tanah Israel Halangi Indonesia Gabung OECD Gara-gara Bela Palestina?

Ashevilleglass.com – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia menanggapi dugaan penghalangan yang tersebut dijalankan oleh negara Israel terhadap upaya Indonesia untuk menjadi anggota Organisasi untuk Kerja Sama dan juga Pembangunan Kondisi Keuangan (OECD).

“Pembahasan mengenai keanggotaan baru Indonesia di tempat OECD merupakan bagian dari pembahasan internal di area antara negara-negara anggota,” ujar Juru Bicara Kemlu RI, Lalu Muhamad Iqbal, seperti yang digunakan disitir pada Kamis (8/2/2024).

Menurut dia, oleh sebab itu Indonesia belum menjadi anggota. Sehingga dipastikan bukan terlibat di proses pembahasan tersebut.

“Selain itu, Indonesia juga bukan mengamati adanya hubungan antara sikap konsisten Indonesia di membantu Palestina dengan proses keanggotaan Indonesia di tempat OECD,” katanya.

Seperti yang tersebut sudah dilaporkan sebelumnya, terdapat laporan bahwa negeri Israel diduga menghalangi dimulainya proses bergabungnya Indonesia ke di OECD.

Penolakan ini diungkapkan oleh perwakilan negeri Israel di konferensi antara negara-negara anggota OECD baru-baru ini.

Israel mengungkapkan keberatannya terhadap dimulainya proses keanggotaan Indonesia, meskipun hal yang dimaksud tidaklah menunjukkan penolakan dengan segera terhadap keanggotaan Indonesia dalam OECD.

Alasan dalam balik penolakan negara Israel terhadap keanggotaan Indonesia adalah dikarenakan kurangnya hubungan diplomatik antara kedua negara.

Selain itu, ketegangan yang digunakan terjadi dalam Timur Tengah juga diduga menjadi salah satu alasan kuat negara Israel menolak keanggotaan Indonesia, mengingat Indonesia telah lama lama berazam pada menggalang rakyat Palestina.

Related Articles

Back to top button