Bisnis

Jokowi Bakal Berkantor pada IKN Tanpa Wapres, Ini adalah Alasannya

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan konstruksi Istana Presiden di tempat Ibu Daerah Perkotaan Nusantara ( IKN ) akan selesai pada bulan Juli tahun ini.

Meski begitu, Basuki mengungkapkan bahwa untuk Istana Wakil Presiden baru akan dibangun. Hal yang dimaksud disampaikan Basuki pada waktu menanggapi persiapan Presiden Jokowi yang tersebut akan berpindah kantor dari Istana Ibukota Indonesia ke IKN.

“Kalau Istana Wakil Presiden baru akan dibangun, masih lelang, jadi masih dibangun. Kalau kantor presiden, istana presiden insya Allah sudah ada siap pada bulan Juli itu,” kata Basuki dalam Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3/2024).


Basuki menjelaskan alasan Istana Wapres baru mulai pengerjaan dikarenakan adanya pembaharuan desain. Presiden Jokowi, kata Basuki, memohonkan adanya revisi dari desain Istana Wapres oleh pemenang sayembara pertama.

“Desainnya berubah, waktu lelang pertama kita dengan desain yang tersebut juara sayembara pertama. Tapi pasca pada cek pak presiden beliau mengamati perlu direvisi sehingga kita revisi. Nah itu nanti kita nggak tahu lelang ulang atau nggak gitu loh, tapi baru akan dimulai,” kata Basuki.

Basuki memperkirakan konstruksi Istana Wapres akan diadakan sekitar bulan Juni hingga Juli tahun ini. Dirinya memperkirakan konstruksi Istana Wapres akan selesai pada setahun. “Saya kira setahun,” kata Basuki.

Sedangkan terkait kepindahan Presiden Jokowi untuk berkantor pada IKN, Basuki mengumumkan dirinya belum mendapatkan arahan terbaru. Basuki semata-mata mengutip pernyataan Presiden Jokowi yang dimaksud akan berkantor pada IKN jikalau jalan tol juga airport telah beroperasi.

Meski begitu, Basuki menegaskan yang digunakan terpenting adalah ketersediaan air selain beroperasinya jalan tol dan juga airport.

“Yang penting kan tidak ada cuma airport atau tol tapi juga air. Air kita rencanakan sudah ada bisa jadi masuk bulan Juni, kedua tol bisa saja masuk bulan Juli. Kalau airnya Juni. Airport sekitar Juli. Sehingga itu arena kalo ada airport ada tol gaada air gabisa,” kata Basuki.

“Jadi utama air, dan juga airport juga insyaAllah itu juli telah siap makanya nanti 17 agustusan insyaAllah bisa saja dijalankan pada sana kemudian beliau akan berkantor dalam sana,” sambungnya.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!