Bisnis

Jokowi Resmikan Tol di tempat Sumatera Tanpa Menteri Basuki, Ke Mana Perginya Doi?

Ashevilleglass.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas jalan tol seksi Tebing Tinggi-Indrapura kemudian seksi Indrapura-Limapuluh di tempat Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu. Namun, ada yang digunakan tak biasa di peresmian ruas jalan tol tersebut.

Salah satunya, absennya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk pertama kali di peresmian yang dimaksud bersatu Jokowi. Ketidakhadiran Menteri Basuki ini menyebabkan berbagai pertanyaan pada berada dalam isu banyak menteri yang digunakan mau mundur.

Jokowi hanya saja ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pimpinan Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, juga pejabat area setempat pada peresmian infrastruktur itu.

Lantas kemana pergi Menteri Basuki sampai-sampai tak mendampingi Jokowi?

Seperti dilansir dari Instagram Kementerian PUPR, Menteri Basuki ternyata dirinya sedang berada Tunisia pada rangka kunjungan kerja. Dalam kunjungan kerja itu, Menteri Basuki melakukan pertemuan bilateral terhadap pejabat Tunisia.

Misalnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan konferensi bilateral dengan Menteri Agrikultur, Sumber Daya Hidraulik & Perikanan Tunisia Abdelmonaam Belaati untuk mendiskusikan prospek kerja sejenis bidang infrastruktur

Dalam pertemuan itu, Menteri Basuki menyebut, bahwa RI dapat bekerja mirip di pengembangan infrastruktur pada bidang produktivitas pertanian, ketahanan pangan, pertanian berkelanjutan, serta pemberdayaan komunitas petani lokal.

Baca Juga
Ajang Kejuaraan Jetski Global Digelar Lagi dalam Danau Toba, RI Dapat Cuan?

“Kami sangat mengapresiasi dukungan penuh dari eksekutif Tunisia untuk eksekutif Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan World Water Diskusi ke-10 juga menghadapi sumbangan aktifnya di proses regional Mediterania sebagai bagian dari World Water Wadah ke-10,” ujar Menteri Basuki seperti dikutipkan dari Instagram @Kemenpupr.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melalui rekaman dari Sekretariat Presiden di area Jakarta, mengungkapkan kedua infrastruktur jalan tol itu merupakan bagian dari jalan tol Trans-Sumatera yang tersebut diproyeksikan meningkatkan konektivitas transportasi menuju kawasan wisata Danau Toba dan juga Kawasan Perekonomian Khusus (KEK) Sei Mangkei.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, pada pagi hari ini saya resmikan jalan tol ruas Kisaran Indrapura-Limapuluh kemudian ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, seksi Tebing Tinggi-Indrapura, dalam Daerah Batubara Provinsi Sumatera Utara,” kata Presiden Jokowi pada waktu berpidato di rencana peresmian jalan tol yang dimaksud seperti diambil dari Antara.

Jalan tol Tebing Tinggi Indrapura yang tersebut membentang sepanjang 20,4 kilometer dibangun dengan biaya pemerintah senilai Rp3,06 triliun dan juga jalan tol seksi Indrapura-Limapuluh dengan panjang 15,6 kilometer dibangun dengan biaya Rp1,67 triliun.

Related Articles

Back to top button