Kesehatan

Jus Bayam Bisa Sebabkan Batu Ginjal, Mitos atau Fakta?

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Banyak yang mana percaya jus bayam sanggup menyebabkan batu ginjal sebab mengandung senyawa yang dimaksud membahayakan kemampuan fisik apabila dikonsumsi berlebihan. Bayam merupakan sayuran berdaun hijau kaya nutrisi, dikenal dikarenakan profil nutrisinya yang digunakan tinggi.

Dikemas dengan vitamin, mineral, serta pencegah oksidasi penting, bayam sudah menjadi makanan populer di diet. Namun, terdapat kegelisahan mengenai kemungkinan hubungan antara konsumsi bayam pada bentuk jus juga smoothie dengan perkembangan batu ginjal .

Dilansir dari Health Shots, Hari Jumat (8/3/2024) Dr Dimple Jangda memberi peringatan agar tidaklah mengonsumsi smoothie bayam kemudian jus bayam secara berlebihan. Hal ini sebab dapat menyebabkan batu ginjal.

“Bayam mengandung banyak zat besi, tetapi juga mengandung senyawa yang disebut oksalat, yang dimaksud sangat sulit diserap kemudian diasimilasi oleh tubuh. Oleh akibat itu, ini menjadi pemicu utama terbentuknya batu ginjal dan juga bahkan batu kandung empedu pada waktu ini,” kata Dr Jangda.

“Satu gelas jus bayam atau smoothie bayam setara dengan delapan hingga 10 kali lipat senyawa oksalat yang mana dapat ditangani oleh tubuh Anda. Senyawa ini mengikat kalsium yang ada di area tubuh Anda, mengakibatkan pembentukan batu kalsifikasi di dalam ginjal kemudian kantung empedu,” sambungnya.

Konsumsi bayam umumnya dianggap sebagai pilihan yang tersebut sehat dikarenakan banyaknya faedah nutrisi. Namun lantaran zat oksalatnya, konsumsi berlebihan atau kondisi tertentu dapat memunculkan prospek efek samping.

Efek Samping Makan Bayam

Berikut empat efek samping yang digunakan terkait dengan makan bayam.

1. Permasalahan Gastrointestinal

Bayam kaya akan serat, yang digunakan bermanfaat untuk pencernaan pada jumlah total sedang.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!