Nasional

Kades Ini adalah Pesta Petasan Usai Perpanjangan Masa Jabatan 8 Tahun Diterima: Dapat Pajero Lagi!

Ashevilleglass.com – otoritas akhirnya merevisi Undang Undang (UU) Desa beberapa waktu lalu. Hal itu bahkan disambut gembira oleh para kepala desa dalam seluruh Indonesia.

Bukan tanpa alasan, perpanjangan masa jabatan 8 tahun dengan maksimal 2 periode menjadi angin segar para kepala desa (kades) yang dimaksud masih atau akan menjadi pemimpin wilayahnya, setelahnya revisi UU Desa itu diterima oleh DPR.

Baru-baru ini ramai orang kepala desa yang membagikan perayaannya dengan menyulut petasan di tempat siang bolong. Hal itu terekam kemudian dibagikan salah satunya di dalam akun Twitter atau X @Pai_C1.

Diketahui bahwa kepala desa yang disebutkan menjadi pemimpin Desa Muara Bakti yang tersebut ada di area Kecamatan Babelen, Bekasi.

Baca juga:

Mahfud Koar-koar mengenai Operasi Tekan Rektor Agar Manut Jokowi, Komjen Fadil Imran Bilang Begini

Anies Baswedan Mrebes Mili Nyanyi Lagu Ayah, Pandji Pragiwaksono Malah Komen Begini

Umay Shahab Ternyata Lulusan Kampus Anies Baswedan Sempat jadi Rektor, Kini Dihujat Karena Sindir Rencana Makan Gratis

“Kepala Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelen merayakan penambahan masa jabatan dengan menyalakan petasan,” tulisnya diambil hari terakhir pekan (9/2/2024).

Kegembiraan kades yang disebutkan terpancar dari wajahnya. Bahkan ia berceletuk bahwa dengan masa jabatan tambahan ini bisa saja didapatkan satu mobil Pajero.

“Petasan apa pak?” tanya si perekam video.

“Penambahan jabatan (kades),” balasnya.

“Gembira Pak?” kata si penanya.

“Lumayan, dapat pajero 1 lagi,” ujar kades yang dimaksud sumringah.

Tak ayal pernyataan kades itu justru jadi bulan-bulanan netizen. Tak sedikit yang mana mencibir bahwa jabatan kades ketika ini rawan untuk disalahgunakan.

“Hebat banget ada orang enggak ada malunya ngomong gitu,” ujar netizen pertama.

“Nambah lama ini korupsinya,” cibir satunya.

“Amanah jabatan tuh bukanlah dirayakan. Harusnya doa dengan hening. Minta doa biar amanah. Renungi bahwa tiap rupiah dari anggaran itu akan dipertanggungjawabkan ga cuma di area dunia,” ingatkan netizen lain.

Isu penambahan masa jabatan kades sebelumnya menjadi sorotan. Melalui Revisi UU Desa, para kades dari beberapa jumlah wilayah sempat berdemo pada depan Gedung DPR, Jakarta.

Salah satu tuntutannya adalah memohon DPR mengesahkan revisi UU Desa, di area mana salah satu klausulnya adalah menunda masa jabatan kades itu.

Sejak awal memang benar muncul pro juga kontra. Mengingat masa jabatan hingga 2 periode yang dimaksud rawan untuk menggunakan praktik korupsi. Maka dari itu, warga juga memiliki hak untuk mewaspadai termasuk terlibat mengawasi anggaran-anggaran yang mana masuk ke desa agar sesuai peruntukkannya.

Related Articles

Back to top button