Kesehatan

Kasus Flu Singapura ke Indonesia Ngegas hingga 5 Ribu, Waspadai Simptom serta Penyebabnya

JAKARTA – Kasus flu Singapura di dalam Tanah Air dilaporkan mengalami peningkatan. Tak tanggung-tanggung, Kementerian Kesejahteraan (Kemenkes) mencatat sebanyak 5.461 persoalan hukum infeksi sepanjang 2024 ini.

Dari jumlah agregat tersebut, banyaknya 738 perkara flu Singapura muncul di dalam Banten pada 3 bulan belakang. Selain itu, ditemukan 14 perkara yang digunakan diduga flu Singapura dalam Depok, Jawa Barat.

Dinas Kesejahteraan Perkotaan Depok pun telah dilakukan mencatat ada 10 pasien yang mana sudah ada di perawatan. Pasien-pasien yang tersebut sedang pada perawatan pada rumah sakit biasanya sebab memiliki gejala yang berat. Sehingga memerlukan perawatan intensif.

Apa Itu Flu Singapura?

Dilansir dari Web MD, Rabu (28/3/2024) flu Singapura yang tersebut juga dikenal sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) merupakan infeksi virus ringan dan juga menular yang mana umum berlangsung pada anak kecil.

Penyakit ini menyebabkan luka yang dimaksud disebut bisul di dalam pada atau ke sekitar mulut lalu ruam atau lecet di dalam tangan, kaki, tungkai, atau bokong. Kondisi ini sanggup menyakitkan tetapi tiada serius.

Penyebab Flu Singapura

Flu Singapura tiada serupa dengan penyakit mulut serta kuku, yang dimaksud berasal dari virus yang berbeda serta belaka menyerang hewan. HFMD paling banyak disebabkan oleh coxsackievirus A16 juga enterovirus A71.

Virus yang digunakan biasanya menyebabkan flu Singapura termasuk di kelompok enterovirus non-polio. Beberapa termasuk:

Artikel ini disadur dari Kasus Flu Singapura di Indonesia Ngegas hingga 5 Ribu, Waspadai Gejala dan Penyebabnya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!