Kesehatan

Kiat Buka Puasa Seimbang Sekaligus Mengenyangkan Menurut Dokter Zaidul Akbar

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Menurut Kemenag RI, awal puasa Ramadan dimulai pada Selasa, 12 Maret 2024.

Biasanya dalam momen mengungkap puasa, banyak umat muslim yang justru cenderung sembarangan pada memilih menu berbuka. Selain memilih menu yang digunakan sekadar mengenyangkan, penduduk juga kerap mengonsumsi gorengan ketika berbuka.

Padahal, alih-alih bikin perut kenyang, mengonsumsi menu berbuka yang mana salah justru bisa jadi memicu berbagai hambatan kondisi tubuh hingga mengganggu kehusyukan ibadah puasa.


Nah, berikut tips atau kiat memilih menu berbuka dari Dokter Zaidul Akbar yang digunakan bisa jadi menjadi rekomendasi sajian mengakses puasa yang mana tidaklah sekadar mengenyangkan, namun juga sehat, dilansir dari akun YouTubenya, Awal Minggu (11/3/2024).

Menurut Dokter Zaidul, idealnya, umat muslim tiada disarankan mengonsumsi gorengan ketika berbuka puasa. Ia merekomendasikan agar berbuka dengan kurma. Pasalnya, kurma memiliki isi gula yang tersebut cukup tinggi yang mana baik untuk tubuh pascaseharian berpuasa.

Selain itu, Dokter Zaidul juga memberikan salah satu tips menarik agar Anda dapat tetap saja kenyang meskipun hanya saja mengonsumsi kurma. Salah satunya dengan menyantapnya dengan olesan mentega atau butter.

“Saya sih berkhusnuzonnya Anda berbuka dengan kurma, bukanlah dengan gorengan. Maksud saya begini, Rasulullah SAW menyebutkan di sebuah hadis riwayat, pernah memakan kurma itu pakai mentega,” ujar Dokter Zaidul di tempat kanal YouTubenya.

“Tapi mentega zaman dulu itu dari lemak hewan, serta sekarang disebut dengan butter. Jadi kurma itu kandungannya sangat tinggi gula. Ketika dikombinasikan dengan butter, dengan lemak hewan yang sehat, tapi cari butter-nya yang digunakan grass fat ya. Itu banyak yang digunakan jual,” paparnya.


Selain itu, Dokter Zaidul juga menyebut, akan lebih lanjut baik lagi jikalau kurma ditambah sedikit garam mineral non rafinasi atau biasa dikenal dengan garam Himalaya.

“Jadi kurmanya dimakan dengan itu (butter), itu akan memberikan kekuatan yang dimaksud sangat luar biasa,” ungkapnya.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!