Otomotif

Kisah Sang Maestro: 7 Karya Marcello Gandini yang Mengubah Wajah Otomotif Planet

Ashevilleglass.com – ITALIA – Desainer otomotif legendaris Marcello Gandini meninggal dunia dalam pada usia 85 tahun pada Rabu (13/3). Karya Gandini begitu fenomenal, hingga mereka itu yang tersebut tidak penggemar otomotif pun akan mengenali karyanya.

Di Italia, Gandini adalah sosok yang mana sangat dihormati. Nah, berikut adalah karya-karya Gandini yang dimaksud melegenda:

1. Lamborghini Miura

Kisah Sang Maestro: 7 Karya Marcello Gandini yang dimaksud Mengubah Wajah Otomotif Dunia

Mobil ini memicu konflik supercar di tempat Italia. Sasis bergulirnya dipamerkan pada Turin Motor Show 1965. Desain mesin tengahnya dianggap revolusioner. Miura pertama kali ditampilkan di tempat Jenewa pada 1966 juga mendapat sambutan positif. Saat rilis, Miura memakai mesin V12 3,9 liter dan juga gearbox manual 5-percepatan, menjadi mobil tercepat pada dunia pada masanya.

2. Lamborghini Countach

Kisah Sang Maestro: 7 Karya Marcello Gandini yang Mengubah Wajah Otomotif Dunia

Pertama diperkenalkan di tempat 1974—setahun setelahnya produksi Miura berakhir—. Lamborghini Countach mendominasi dinding kamar tidur remaja pada seluruh dunia.

Countach juga merupakan mobil yang digunakan memperkenalkan pintu gunting khas Lamborghini untuk dunia, walaupun konsep Alfa Romeo Carabo karya Gandini sudah ada muncul terlebih dahulu. Countach memakai mesin V12 khas Lamborghini.

3. Cizeta V16T

Kisah Sang Maestro: 7 Karya Marcello Gandini yang dimaksud Mengubah Wajah Otomotif Dunia

Cizeta V16T adalah mobil unik. Mesin V16 6.0 liternya dikembangkan dari mesin V8 Lamborghini Urraco. Mobil ini dikerjakan oleh mantan karyawan Lamborghini. Mesin V16 adalah alasan utama popularitasnya, dikarenakan mesin V8 serta V12 telah biasa, tetapi V16 benar-benar sesuatu yang istimewa pada 1990-an.

Desainnya juga memukau dengan karakteristik eksotis seperti lampu depan pop-up ganda, penutup roda belakang bersudut yang digunakan meniru bagian depan, serta knalpot dramatis pada sedang bagian belakang mobil. Indah dan juga sangat liar pada ketika bersamaan.

4. Lancia Stratos

Kisah Sang Maestro: 7 Karya Marcello Gandini yang dimaksud Mengubah Wajah Otomotif Dunia

Mobil sport bermesin di dalam bagian tengah-belakang ini sukses pada dunia reli. Bentuknya ringkas, mesin V6 dari Dino, dan juga desain memukau menjadikannya legenda hingga pada waktu ini. Ini adalah kemungkinan besar tidak Countach atau Diablo, tetapi Stratos jelas salah satu desain terbaik Gandini.

5. Autobianchi A112, Audi 50, Volkswagen Polo

Kisah Sang Maestro: 7 Karya Marcello Gandini yang tersebut Mengubah Wajah Otomotif Dunia

Gandini tiada hanya saja mendesain supercar lalu mobil balap. Tapi, sebenernya Gandini juga mendesain mobil seperti Autobianchi A112, Audi 50, dan juga Volkswagen Polo.

Audi 50 tahun 1974 adalah karya klasik Gandini. Sederhana, fungsional juga tak lekang oleh waktu. Sebuah versi tambahan ekonomis dikembangkan untuk Volkswagen pada 1975 kemudian diberi nama Polo.

6. Alfa Romeo Montreal

Kisah Sang Maestro: 7 Karya Marcello Gandini yang Mengubah Wajah Otomotif Dunia

Mobil ini sangat cantik. Jika tak suka dengan gaya desain Countach yang tersebut ekstrim, Alfa Romeo Montreal jadi alternatifnya. Mesinnya hanya sekali V8, tapi desainnya sangat mengangumkan.

7. Gagasan BMW Garmisch

Kisah Sang Maestro: 7 Karya Marcello Gandini yang Mengubah Wajah Otomotif Dunia

Gandini telah merancang konsep grill baru BMW yang digunakan menggantikan grill khas kidney merek lewat Garmisch pada 1970. Ini adalah membuktikan bagaimana Gandini adalah orang yang tersebut mampu mendesain melebihizamannya.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!