Bisnis

Bekerjasama TikTok juga Tokopedia Perluas Akses Pasar UMKM

JAKARTA – Sejumlah Anggota DPR menyambut baik kolaborasi Tokopedia serta TikTok. Kerja sejenis dua media di kegiatan bisnis e-commerce ini dinilai dapat meningkatkan kapasitas kemudian akses bursa para pelaku UMKM .

“Semakin banyak aplikasi mobile (e-commerce) ini mampu memberikan keuntungan terhadap para UMKM. Sebaiknya kita fokus memperbanyak lapak UMKM dengan membantu perkembangan e-commerce,” kata Anggota Komisi VI DPR Eko Hendro Purnomo ketika rapat dalam DPR, dikutipkan Hari Senin (1/4/2024).

Terlebih keberadaan layanan “keranjang kuning” di dalam wadah TikTok, memacu para mitra bidang usaha berinteraksi secara langsung secara intens dengan calon pembeli. Adapun pangsa bursa tidak ada terbatas dengan jangkauan pelanggan yang mana sangat luas.

Saat ini Tiktok menempati kedudukan tertinggi sebagai platform digital yang digunakan paling berbagai diakses pengguna. Menurut laporan “we are social”, ada sekitar 106,5 jt pengguna Tiktok pada Indonesi per November 2023, terbanyak kedua pasca Amerika Serikat (AS).

Data yang disebutkan sekaligus menunjukkan kemungkinan sistem Tiktok yang dimaksud dapat dioptimalkan para seller untuk memasarkan barang dagangan. User bergerak Tiktok merupakan target pangsa yang nyata.

Melihat kemungkinan yang dimaksud sangat besar itu, ia menyarankan semua pihak fokus membantu UMKM untuk menjadi kampiun pada platform. Misalkan mengedukasi UMKM untuk memproduksi konten kreatif atau mengemas jualan biar cepat laku.

Dia mengingatkan TikTok juga Tokopedia dan juga sistem e-commerce lainnya agar lebih lanjut mengutamakan memajang produk-produk lokal agar tambahan banyak dibeli. Dengan membeli komoditas lokal, pihaknya terlibat membantu meningkatkan kemandirian dunia usaha negara kemudian bergabung membantu menciptakan lapangan kerja dalam negeri sendiri.

“Ini sanggup memberikan maslahat terhadap para UMKM lokal. Dengan adanya migrasi TikTok ini kita berharap perniagaan di indonesia ini lebih lanjut bagus lagi,” kata Eko.

Senada, Anggota Komisi VI DPR lainnya Luluk Nur Hamidah menyampaikan, integrasi TikTok kemudian Tokopedia yang dimaksud hampir rampung harus memberikan kegunaan dari akses dan juga perluasan lingkungan ekonomi digital bagi pelaku UMKM lokal.

Artikel ini disadur dari Kolaborasi TikTok dan Tokopedia Perluas Akses Pasar UMKM

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!