Nasional

KPK Sebut Nasdem Kembalikan Uang Rp40 Juta Pemberian SYL

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) mengungkapkan bahwa Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni telah terjadi memulihkan uang Rp40 jt pemberian mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Uang yang diduga hasil dari pencucian uang itu dikirim ke komisi antirasuah, Rabu (27/3/2024) kemarin.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebutkan, uang itu dikembalikan ke KPK melalui akun penampungan.

“Pengembalian uang yang Rp40 jt ya, Mas Sahroni tadi saya dapat informasi, kemarin tanggal 27 ya, sekitar jam 1, yang tersebut bersangkutan mengirimkan memang benar yang dimaksud Rp40 jt juga kami telah cek, ada di dalam account penampungan,” kata Ali untuk wartawan ke Gedung Merah Putih KPK, Kamis (28/3/2024).

Ali menjawab pertanyaan awak media perihal akankah kembali memanggil Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu atau tidak.

“Ya nanti dikonfirmasi ulang pada yang dimaksud bersangkutan sewaktu memang benar dibutuhkan, apakah memang sebenarnya itu dibutuhkan untuk dikonfirmasi ulang, dikarenakan itu sehenarnya telah masuk pada pembuktian surat dakwaan kan, kalau jaksa telah buktikan ke persidangan saya kira cukup,” ujarnya.

Sebelumnya, Ahmad Sahroni menyatakan partainya menerima uang Syahrul Yasin Limpo (SYL) mencapai Rp860 juta. Dari jumlah total itu, pihaknya telah dilakukan mengatasi Rp820 jt ke tabungan penampung KPK.

“Sudah (dikembalikan), Rp820 juta,” kata Sahroni seusai pemeriksaan sebagai saksi pada perkara dugaan perbuatan pidana pencucian uang (TPPU) SYL.

Sahroni tidaklah menjelaskan secara detail asal-usul uang beratus-ratus jt tersebut. Kemudian, Rp40 jt sisanya merupakan pemberian SYL ke Partai NasDem yang dimaksud terungkap di dalam surat dakwaan. Sahroni mengaku, baru hari ini mendapat saran dari KPK untuk diserahkan.

“Ada Rp40 jt yang penting dikonfirmasi serta penyidik sudah ada menyarankan untuk pengembalian hari ini untuk segera ditransfer ke virtual account,” ujarnya.

Sahroni melanjutkan, uang yang disebutkan SYL berikan sebagai donasi bencana alam. “Rp820 jt dari SYL identik Rp40 jt untuk bantuan bencana banjir ya,” ucapnya.

Artikel ini disadur dari KPK Sebut Nasdem Kembalikan Uang Rp40 Juta Pemberian SYL

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!