Teknologi

Liverpool Sinergi dengan Artificial Intelligence Google DeepMind untuk Taklukkan Lawan

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Raksasa sepak bola Liverpool FC menggandeng asisten Kecerdasan Buatan buatan Google DeepMind untuk meningkatkan strategi permainan guna menaklukkan lawan-lawannya. Sinergi ini menandai langkah inovatif pada sepak bola dunia.

Analisis skema permainan memang benar sudah ada lumrah dilaksanakan oleh tim-tim sepak bola dunia. Namun, Liverpool berada di area garis depan di pengaplikasian teknologi pembelajaran mesin untuk merumuskan taktik permainan. Klub kemudian DeepMind sudah pernah menjalin kerja mirip selama tiga tahun kemudian menghasilkan kembali TacticAI, sebuah sistem Kecerdasan Buatan yang mana canggih.

Dilansir dari Silicon Angle, Rabu (20/3/2024), TacticAI bekerja dengan menganalisis tendangan sudut, skema tendangan bebas yang tersebut diberikan setelahnya bola ke luar lapangan kemudian regu lawan mendapatkan kesempatan untuk menendang bola dari sudut lapangan ke arah gawang.

Tendangan seperti ini, beserta pergerakan pemain di dalam dekat gawang, membutuhkan perencanaan matang berdasarkan kekuatan penyerang juga kualitas pertahanan. Arah tendangan pemain pun seringkali didasarkan pada kelemahan lini belakang regu lawan.

Dilatih dengan data masif, TacticAI mempelajari pola permainan dari 7.176 tendangan sudut yang mana diambil selama musim Kejuaraan Premier 2020-2021. Dengan kecerdasan buatan prediktif kemudian generatif, TacticAI mampu memprediksi arah bola dengan tingkat akurasi yang mana tinggi, mencapai 78 persen.

“Bersama para ahli dari Liverpool FC , kami mengembangkan kemudian mengevaluasi TacticAI pada kolaborasi penelitian multi-tahun,” kata DeepMind pada siaran pers.

“Saran TacticAI 90 persen lebih lanjut disukai oleh evaluator ahli manusia dibandingkan dengan pengaturan taktis yang mana biasa digunakan pada latihan. TacticAI menunjukkan peluang besar Teknologi AI pada merevolusi dunia olahraga, baik bagi pemain, pelatih, maupun para penggemar.”

Meskipun kemungkinan penerimaan teknologi ini oleh para penggemar masih dipertanyakan, mengingat tahanan terhadap inovasi dalam lapangan sepak bola, namun keberhasilan TacticAI di area Liverpool FC dapat menggerakkan klub-klub lain untuk mengikuti jejak mereka. Ini adalah adalah langkah awal menuju masa depan sepak bola yang digunakan inovatif.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!