Lifestyle

Masjid dalam Bantul Sajikan Bubur Sayur Lodeh untuk Buka Puasa, Pertahankan Tradisi Bermacam-macam Tahun

Ashevilleglass.com – BANTUL – Masjid Sabi’ilurrosyad di tempat Dusun Kauman, Kalurahan Wijirejo, Pandak, Bantul, Jawa Tengah kembali menyajikan bubur sayur lodeh untuk menyingkap puasa di dalam bulan Ramadan. Tak semata-mata sekadar menyingkap bersama, ini merupakan tradisi beratus-ratus tahun yang digunakan masih dipertahankan sampai ketika ini.

Tradisi membuka puasa dengan bubur sayur lodeh di dalam Masjid Sabi’ilurrosyad merupakan warisan Panembahan Bodho, murid Sunan Kalijaga.

Takmir Masjid Sabi’ilurrosyad Haryadi mengatakan, sajian bubur nasi putih dengan siraman sayur lodeh ini menjadi menu rutin yang digunakan disajikan bagi warga maupun jamaah setiap bulan puasa. Hal yang dimaksud dilaksanakan sebagai tradisi turun-temurun.

“Setiap Ramadhan memang sebenarnya setiap saat ada (bubur sayur lodeh). Tradisi ini telah berlangsung lama dari nenek moyang yang digunakan masih kita pertahankan,” kata Haryadi ditemui di dalam Masjid Sabi’ilurrosyad, Selasa (19/03/2024).

Masjid dalam Bantul Sajikan Bubur Sayur Lodeh untuk Buka Puasa, Pertahankan Tradisi Berbagai Tahun

Foto/Yohanes Demo

Masjid di area Bantul Sajikan Bubur Sayur Lodeh untuk Buka Puasa, Pertahankan Tradisi Banyak Tahun

Foto/Yohanes Demo

Setiap harinya menyediakan sekitar 100 porsi bubur. Namun berbeda apabila di area hari Jumat. Di mana masjid akan menambah porsi hingga 500 piring bubur sayur lodeh. Hal ini untuk mengantisipasi tambahan jamaah umum yang mana datang berkunjung.

“Biasanya kalau hari hari terakhir pekan tambahan banyak. Publik dari luar sejumlah yang dimaksud datang belaka sekadar ingin merasakan. Kami sediakan untuk merek juga,” jelasnya.

Meski demikian, Haryadi tidaklah tahu persis kapan tradisi ini dimulai. Akan tetapi, warga sekitar meyakini bahwa takjil bubur sayur lodeh sudah ada ada sejak masa Panembahan Bodho (Raden Trenggono).

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!