Kesehatan

Mengenal Water Vapor Thermal Therapy, Metode Pengobatan untuk Pembesaran Prostat Jinak

JAKARTA – Pembesaran prostat merupakan hal yang dimaksud umum muncul pada dekade kelima individu pria, dengan insidensi mencapai hampir 50%.

Prostat adalah organ yang mana belaka dimiliki oleh laki-laki, terletak sangat jauh dalam pada rongga panggul di dalam antara penis lalu kandung kemih. Organ ini berfungsi sebagai kelenjar yang dimaksud akan menghasilkan kembali cairan prostat serta dengan dengan cairan dari kelenjar sekitar (vesikula seminalis), akan mengisi lebih besar dari 90% cairan mani/semen.

Spesialis Urologi RS Abdi Waluyo (RSAW) dr. Adistra Imam Satjakoesoemah, SpU, FICS, menerangkan, kompleks cairan yang disebutkan berisi nutrisi yang akan digunakan sperma untuk bertahan hidup lalu membuahi sel telur/ovum.

“Jadi sejatinya, cairan mani juga cairan sperma itu hal yang digunakan berbeda. Cairan sperma semata-mata mengisi sekitar kurang dari 5% cairan mani, sisanya merupakan cairan prostat dan juga kelenjar sekitar,” katanya di acara media gathering pada Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Mengenal Water Vapor Thermal Therapy, Metode Pengobatan untuk Pembesaran Prostat Jinak

Penjelasan para ahli dari RS Abdi Waluyo tentangWater Vapor Thermal Therapy. Foto/Istimewa

Tepat pada bagian berada dalam prostat, tambahnya, terdapat saluran kencing/urethra. Selain itu, terdapat pula katup kencing bagian pada (internal sphincter) yang tersebut menempel pada prostat juga berfungsi untuk mengatur aliran pergi dari cairan ejakulasi juga air kencing. Akibatnya, apabila terjadi pembesaran pada prostat, ini dapat menyebabkan sumbatan dan juga masalah pada serangkaian kencing.


”Prostat pada dasarnya merupakan organ seksual pria. Oleh lantaran itu, segala penyembuhan kelainan prostat dapat mengakibatkan kelainan fungsi seksual pada pria. Pada prinsipnya, penyembuhan masalah berkemih akibat pembesaran prostat itu bertujuan untuk mengontrol atau mengempiskan peningkatan prostat dan juga melancarkan aliran kencing,” terang dr. Adistra.

Prostat bertambah dari stimulasi zat yang mana bernama Dihidrotestosterone (DHT), yang merupakan item turunan dari hormon testosteron. Hormon testosteron sendiri merupakan hormon kepriaan yang digunakan bertugas teristimewa untuk mempertahankan fungsi seksual pria.

Di RSAW, terapi minimal invasif pembesaran prostat yang diunggulkan pada waktu ini adalah Water Vapor Thermal Therapy juga operasi Laser Prostat. Keduanya merupakan benchmark tertinggi yang mana ada bola ketika ini untuk penyembuhan pembesaran prostat.

“Salah satu pembaharuan terbaru perawatan pembesaran prostat jinak yang mana sudah ada tersedia pada RS Abdi Waluyo pada waktu ini adalah Water Vapor Thermal Therapy. Terapi ini menggunakan jumlah kali radio untuk menciptakan energi pada bentuk uap air. Dengan bantuan instrumen khusus yang ada pada penyembuhan yang disebutkan dan juga kamera kecil yang dimasukkan ke di uretha, uap panas akan disuntikkan segera ke pada prostat pasien secara presisi,” beber dr. Adistra.

Uap panas yang disebutkan akan mengakibatkan kematian sel prostat secara luas serta merata. Sel-sel yang mana terhenti perlahan akan diserap oleh tubuh, pada 2 sampai 4 minggu keluhan pasien akan membaik, lalu hasil paling optimal akan didapat sekitar 1-3 bulan pasca tindakan.

Artikel ini disadur dari Mengenal Water Vapor Thermal Therapy, Metode Pengobatan untuk Pembesaran Prostat Jinak

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!