Bisnis

Mentan Pastikan Tambahan Anggaran Subsidi Pupuk Segera Cair

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memverifikasi tambahan anggaran Rp5,83 triliun untuk peningkatan produksi pangan kemudian antisipasi krisis pangan akibat El Nino segera terealisasi. Anggaran yang disebutkan untuk menggalang upaya khusus percepatan tanam serta peningkatan produksi padi serta jagung.

“Ada tambahan ABT (Anggaran Belanja Tambahan) Rp5,8 triliun. Jadi ada hikmah dibalik El Nino, petani mendapatkan insentif berbentuk pompa, benih, bibit unggul untuk padi serta jagung,” jelas Mentan pada keterangan resmi, Kamis (21/3/2024).

Dia mengungkapkan penambahan anggaran pupuk bersubsidi juga sudah ada disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta diharapkan dapat segera terealisasi. Hal ini juga disusul kabar akan terbitnya surat kebijakan Menteri Keuangan, tentang anggaran biaya tambahan pupuk bersubsidi 2024 sebesar Rp14 triliun pada waktu dekat.

“Ini berita baik untuk petani, mudah-mudahan di waktu dekat, SK pupuk segera keluar, yang tersebut dulunya kuota pupuk bersubsidi cuma 50 % yaitu 4,7 jt ton, sekarang ini telah disetujui Presiden, naik menjadi 9,5 jt ton. Dalam waktu dekat SK-nya turun, kemudian kami langkah lanjuti ke gubernur dan juga bupati se-Indonesia,” kata dia.

Menurut ia ketika ini Indonesia pada kondisi darurat pangan. Tambahan anggaran baik untuk peningkatan produksi pangan maupun penambahan kuota pupuk bersubsidi diharapkan dapat menjadi langkah strategis mengantisipasi dampak El Nino dan juga pembaharuan iklim.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!