Otomotif

NXT Gen Cup:MINI Cooper SE Jadi Satu-satunya Mobil Balap Listrik Andalan

Ashevilleglass.com – Lestrup Racing Team mengembangkan kemudian memulai pembangunan mobil balap listrik atau Electric Vehicle (EV) satu merek berbasis MINI Cooper SE.

Disebut sebagai LRT NXT1, spesifikasinya adalah mesin berbobot 1.150 kg, berpenggerak roda depan atau Front-Wheel Drive (FWD), tenaga mencapai 180 dk juga bisa saja bertambah 60 dk bila layanan push-to-pass diaktifkan. Baterainya sendiri mencapai 30 kWh juga 800 volt.

Selain itu terdapat sistem pengereman pakem, shock-absorber Ohlins yang bisa jadi diselaraskan kebutuhan, roda dibalut ban Hankook Semi-slick segala cuaca.

Dikutip Suara.com dari situs resmi Formula E, tunggangan balap ini dibuat sebanyak 20 unit, pengisian ulang akumulator akan segera ditangani sama-sama dengan mitra pengisian daya resmi NXT Gen Cup, ABB E-Mobility.

Digagas di dalam Swedia, inilah tunggangan yang disiapkan untuk NXT Gen Cup. Sebuah seri balap listrik yang mana diperuntukkan bagi 20 peserta balap muda berusia 15-25 tahun, baik putri mau pun putra. Bagi driver muda berbakat yang digunakan ingin dididik di tempat dunia balap, mengembangkan bakat, sekaligus merancang karir sekaligus peduli lingkungan hidup, one-make race tunggangan EV ini adalah pilihan seru.

Rundown balapannya nanti meliputi dua sesi latihan berdurasi 20 menit (kecuali Monako dengan hanya saja FP1), pertemuan kualifikasi 20 menit, dan juga balapan 20 menit.

Nantinya, balapan mobil listrik kelas kategori junior itu akan menjadi supporting race Formula E untuk mengembangkan motorsport berkelanjutan juga teknologi EV.

Tinggal mengawaitu restu di persetujuan akhir federasi balap roda empat internasional atau Federation Internationale de l’Automobile (FIA), NXT Gen Cup siap tampil perdana di area paddock Formula E yang dimaksud berlangsung di area Misano, Italia, 13-14 April yang dimaksud menandai dimulainya tur World Championship di area Eropa lalu pertama kalinya turnamen ini berlangsung di area World Circuit.

Balap one-make race EV dari basis mobil listrik MINI Cooper SE menjadi tunggangan balap dengan nama LRT NXT1 [ABB Formula E]
Balap one-make race EV dari basis mobil listrik MINI Cooper SE menjadi tunggangan balap dengan nama LRT NXT1 [ABB Formula E]

“Kami sangat senang menyambut NXT Gen Cup setelahnya debut merek yang mana sangat sukses tahun lalu,” sambut Alberto Longo, Co-Founder dan juga Chief Championship Officer Formula E.

“Penambahan kategori kategori junior serba mobil listrik di dalam seri Eropa pada kalender kami akan lebih tinggi berkontribusi terhadap pembinaan talenta muda, bagian penting dari olah raga kami, juga memberi mereka kesempatan untuk berlomba dalam panggung yang dimaksud sebanding dengan atlet sepeda kelas dunia kami dan juga tim,” lanjutnya.

Senada pendapat pendiri seri NXT Gen Cup yang dimaksud menyatakan bahwa ide balap divisi junior ini menjadi bukti yang mana memberikan inspirasi tentang kerja keras menggarap balapan EV.

Formula E 2024 seri Diriyah, Arab Saudi dilakukan di malam hari hari dengan kondisi trek temperatur ekstrem kemudian pasir selalu bertiup ke arah sirkuit [Hankook Tire]
Formula E 2024 seri Diriyah, Arab Saudi dilakukan waktu malam hari dengan kondisi trek temperatur ekstrem serta pasir terus-menerus bertiup ke arah sirkuit [Hankook Tire]

“Acara NXT Gen Cup yang mana awalnya cuma ide di area menghadapi kertas, kurang dari dua tahun yang lalu. Kini akan menjadi balapan sama-sama ABB FIA Formula E serta DTM tahun ini. Tentu merupakan hal yang tersebut menakjubkan,” tambah Fredrik Lestrup, founder seri NXT Gen Cup.

“Kami dengan Formula E serta DTM telah lama menciptakan kalender spektakuler yang mana akan memberikan landasan kuat bagi atlet sepeda kategori junior kami untuk memulai karir balap mereka itu serta menunjukkan bakat merek untuk beberapa kelompok serta mitra terbaik pada dunia,” tandasnya.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih yang tersebut sebesar-besarnya untuk semua orang yang digunakan sudah pernah mewujudkan hal ini kemudian kami sangat termotivasi untuk memulai musim paling menarik kami sejauh ini,” ujar Fredrik Lestrup.

NXT Gen Cup akan pentas di area keempat balapan Eropa pada Season 10 Formula E ABB FIA World Championship, yaitu dalam sirkuit jalan raya Misano, Monako, Berlin, juga final di area London.

Rencana totalnya akan ada enam balapan di tempat Blue Continent alias Daratan Biru, dengan para atlet sepeda berusia rata-rata di tempat bawah 17 tahun, serta siapa sekadar akan turun berlaga akan segera diinformasikan segera.

Ada pun tujuan Formula E ABB FIA World Championship memperkenalkan NXT Gen Cup sebagai seri dukungan khusus adalah memberikan kesempatan terhadap talenta muda putra-putri untuk bersaing pada sirkuit yang mana serupa dengan 22 atlet sepeda kelas dunia Formula E.

Hal ini juga bermanfaat bagi misi Formula E untuk menampilkan format baru balap listrik berkelanjutan atau EV sustainability pada lokasi-lokasi ikonik di dalam seluruh dunia sekaligus memberikan aksi tambahan di area trek untuk para penggemar sebagai bagian dari tontonan pada waktu balapan.

Related Articles

Back to top button