Nasional

Nyaris Terseret Arus, Ini adalah Detik-detik Petugas BPBD Berjibaku Selamatkan Teman pada Banjir Grobogan

Ashevilleglass.com – Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan, Jawa Tengah, berjibaku menyelamatkan teman yang dimaksud nyaris terbawa arus banjir Sungai Tuntang pada hari Selasa (7/2/2023).

Aksi heroik itu terekam di video yang mana diunggah ulang akun Instagram  @viralno1, 7 Februari 2024. Video itu menunjukkan detik-detik menegangkan pada waktu petugas BPBD menarik rekannya ke berhadapan dengan genteng salah satu rumah warga.

Banjir yang mana melanda wilayah Grobogan lalu Demak ini mencapai ketinggian 2 meter, menciptakan berbagai warga terjebak di area berhadapan dengan tanggul pengaman Sungai Tuntang.

Upaya evakuasi warga terkendala oleh ketinggian air kemudian arus sungai yang mana semakin deras. Petugas BPBD terus berupaya mencari solusi untuk mengevakuasi warga dengan aman.

Melansir situs jatengprov.go.id, Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengungkapkan banjir pada wilayah itu terjadi sejak Hari Senin lalu.

“Penyebab banjir yang disebutkan adalah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada hari Hari Senin malam, 5 Februari 2024,” kata Nana, pada waktu ditemui dalam Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (6/2/2024).

Lanjut dia, hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan air pada tiga area aliran sungai (DAS) yakni Sungai Lusi, Serang, juga Tuntang yang tersebut berada di tempat Wilayah Grobogan meluap.

Bahkan lalu lintas terputus dalam Kecamatan Gubug sebab banjir menyebabkan Jalan Raya Purwodadi-Gubug terendam limpasan air.

Related Articles

Back to top button