Otomotif

Panduan Aman Menyalip dalam Jalan Raya untuk Pengendara Motor, Wajib Dipahami

Ashevilleglass.com – Berkendara motor pada jalan raya memang sebenarnya memerlukan kewaspadaan ekstra agar tetap memperlihatkan aman lalu nyaman. Tidak cuma dikarenakan padatnya lalu lintas juga pelanggaran terhadap rambu-rambu, tetapi juga dikarenakan fenomena saling salip yang kerap terjadi, teristimewa pada jam sibuk seperti jam berangkat atau pulang kerja.

Tidak dapat dipungkiri, beberapa pemotor rutin menyalip tanpa memperhitungkan risikonya. Tentunya hal ini tidaklah hanya sekali mengancam keselamatan mereka itu sendiri, tetapi juga orang lain yang digunakan berada di area sekitar mereka.

Untuk menurunkan risiko lalu meningkatkan keselamatan pada waktu menyalip kendaraan di dalam jalan raya, perlu diperhatikan beberapa teknik khusus. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui dilansir dari Astra Motor.

1. Pilih Jalur Sisi Kanan

Saat hendak menyalip, ambil jalur dari sisi kanan. Hindari menyalip dari sisi kiri, akibat ini dapat sangat berisiko.

Pengendara pada depan bisa saja cuma menepi kapan saja, dan juga pemotor mungkin saja bukan menyadarinya. Sisi kiri juga cenderung menjadi titik buta atau blind spot yang dimaksud sulit terlihat oleh pengendara pada depan.

2. Gunakan Klakson

Aktifkan klakson pada waktu akan menyalip kendaraan lain. Ini adalah adalah cara efektif untuk memberi tahu pengendara di area depan bahwa Anda berencana untuk mendahuluinya.

Kebanyakan pengendara akan merespons dengan sedikit memberi ruang yang tersebut cukup untuk pemotor yang mana hendak menyalip.

3. Pertahankan Tempat Stabil

Ketika memutuskan untuk menyalip, pastikan untuk mempertahankan sikap yang mana stabil. Jangan ragu-ragu atau terlalu takut, dikarenakan ketidakpastian dapat menimbulkan kendali motor menjadi goyah.

Jika merasa kurang yakin, lebih banyak baik menunda niat menyalip dan juga bersabar.

4. Perhatikan Waktu yang tersebut Tepat

Pertimbangkan kondisi lalu lintas pada depan sebelum menyalip. Jika lalu lintas padat, mungkin saja lebih banyak baik mengantisipasi kesempatan yang dimaksud tambahan baik.

Perhatikan juga lampu belakang kendaraan di dalam depan lalu pastikan untuk memilih waktu yang tersebut tepat. Misalnya, tunggu hingga lampu sein kendaraan pada depan menyala s

Related Articles

Back to top button