Bisnis

Pembangunan SMK Asy-Syarif Mitra Industri dalam Mojokerto Diapresiasi Menaker Ida Fauziyah

Ashevilleglass.com – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah optimis keberadaan SMK Asy-Syarif Mitra Industri di area Mojokerto kan turut menurunkan tingkat pengangguran.

Selain itu,  Menaker Ida juga memperkuat serta mengapresiasi pengerjaan SMK tersebut. 

“Dengan lahirnya SMK ini harapannya institusi belajar vokasi yang dimaksud ada di area di sini menyumbangkan tenaga-tenaga terampil baru, agar mengurai tingkat pengangguran kita,” kata Ida usai menyaksikan Groundbreaking Pembangunan SMK Asy-Syarif Mitra Industri, di tempat Mojokerto, Jawa Timur, Hari Jumat (8/3/2024).

Ida Fauziyah mengatakan, salah satu problem lembaga pendidikan di area Indonesia adalah masih adanya mismatch antara dunia sekolah dengan keinginan dunia bisnis dan juga industri. Oleh karenanya, untuk mengurai kesulitan yang disebutkan adalah menyesuaikan dunia institusi belajar dengan keperluan dunia perniagaan kemudian industri, agar terjadi link and match.

“Harapannya dari awal bermitra dengan industri, outputnya bisa jadi digunakan untuk sektor lalu pasti akan mengempiskan pengangguran,” ujarnya.

Ketua Yayasan Industri Mandiri, Darwoto, mengatakan, konstruksi SMK Asy-Syarif Mitra Industri merupakan kolaborasi antara sektor yang tersebut ada kawasan sektor MM 2100 dengan Yayasan Pendidikan dan juga Sosial Asy-Syarif. Ia berharap keberadaan SMK Asy-Syarif Mitra Industri dapat membantu penduduk mengenyam sekolah dengan model ajaran yang didesain dengan sedemikian rupa agar sesuai dengan permintaan industri.

Darwoto menjelaskan, keberadaan SMK ini tidak ada hanya saja dihadirkan dengan sistem link and match, tetapi match and link.

“Match and link lantaran semua yang tersebut mengawaki ini adalah campur tangan yang mana nyata dari dunia bidang bagi dunia pendidikan,” katanya. Ia pun berharap konstruksi tahap I dapat selesai di 3 bulan ke depan sehingga dapat memulai lembaga pendidikan pada tahun ajar 2024-2025.

Nantinya SMK Asy-Syarif Mitra Industri akan menghadirkan 4 kejuruan yakni ototronik, permesinan, mekatronik, juga animasi. 

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!