Nasional

Pemberian Kue Ultah Ketua KPU dari Caleg PSI Jadi Sorotan, KPK: Harusnya Lapor

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari seharusnya melapor perihal pemberian kue dari anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri merespons insiden tersebut.

Ali menyebutkan antara KPU juga PSI miliki benturan kepentingan. Akan hal itu, seyogianya setiap penerimaan pengurus negara harus dilaporkan ke komisi antirasuah.

“Satu yang mana jelas, benturan kepentingan kepentingan, itu kan sudah ada sangat jelas, sebab kan memang benar kewenangan dari KPU kemudian partai ini kan sejalan, suatu pada waktu ada kepentingan yang digunakan dapat berhadapan,” ujar Ali ketika konferensi pers di area kantornya, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

“Sehingga ketika menerima apa pun yang dimaksud berhubungan seperti itu ya seharusnya melapor untuk KPK,” sambungnya.

Sebelumnya, banyak di dalam media sosial individu kader yang tersebut juga sebagai calon legislatif (Caleg) dari PSI Marsha Siagian yang tersebut menghasilkan konten bergabung pada perayaan ulang tahun Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Dalam video itu, Marsha memperlihatkan sedang memberikan kue untuk Hasyim Asy’ari. Dari viralnya video tersebut, para netizen menganggap jikalau hal itu merupakan sebuah gratifikasi dari PSI untuk Ketua KPU di dalam berada dalam situasi penghitungan pendapat pasca pemilihan raya 2024.

Video berdurasi satu menit itu, memperlihatkan kejutan pemberian kue ulang tahun untuk Hasyim Asy’ari yang dianggap pemberian secara langsung dari partai yang dimaksud dipimpin putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep.

Sementara, Wakil Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menegaskan jikalau video merebak pemberiam kue ulang tahun untuk Ketua KPU, Hasyim Asy’ari bukanlah pemberian dari pihaknya.

Grace menyatakan jikalau kue ulang tahun itu diberikan secara langsung oleh pegawai KPU kemudian tidak pemberian dari PSI secara langsung.

“Kue itu dari karyawan KPU ke Pak Hasyim tidak dari kami,” kata Grace pada waktu dihubungi, Hari Sabtu (16/3/2024).

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!