Kesehatan

Pencernaan Seimbang Berpengaruh terhadap Pertumbuhan Otak Anak

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Pencernaan sehat berpengaruh terhadap perkembangan otak anak. Sebab, saluran cerna merupakan salah satu organ penting di tubuh yang tersebut menggalang kondisi tubuh secara keseluruhan, suasana hati, kemudian sosial emosional si kecil.

Karena itu, kondisi tubuh saluran cerna sebagai fondasi kondisi tubuh secara holistik merupakan awal dari meningkat kembang optimal anak di area setiap tahapan usianya.

Dalam rangka memperingati Social Emotional Learning Day, PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) melalui media digital Bebeclub mengundang para orang tua untuk bersama-sama memperkuat perkembangan sosial emosional anak agar mampu berkembang menjadi anak hebat.

Dokter Spesialis Anak Konsultan serta Ahli Gastrohepatologi, Dr. dr. Muzal Kadim, Sp.A(K) mengatakan, menjaga kebugaran saluran cerna si kecil dapat menjadi landasan kebugaran anak secara keseluruhan di dalam masa mendatang.

“Oleh lantaran itu, penting bagi Bunda untuk menjaga kebugaran saluran cerna si kecil dimulai dari masa pembentukan kemudian perkembangannya,” ujar dr. Muzal pada Jakarta, hari terakhir pekan (8/3/2024).


Saluran cerna, menurut dr. Muzal, merupakan otak kedua manusia atau enteric nervous system (ENS). Saluran cerna mempunyai pengaruh yang tersebut penting di berkembang kembang pribadi anak.

“Karena otak kemudian saluran pencernaan saling terhubung sebagai gut-brain axis. Fungsi gut-brain axis ini bisa saja memengaruhi kinerja otak hingga menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan, di tempat mana nutrisi yang digunakan terserap optimal di dalam usus bisa jadi menjadi asupan untuk membantu kinerja optimal otak serta mengupayakan sistem daya tahan tubuh,” bebernya.

Selain itu, usus yang tersebut sehat juga dapat mempengaruhi sosial-emosional anak, lantaran sekitar 90% serotonin diproduksi oleh sel-sel di usus.

“Dan akan mengalir ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah yang mana berperan penting pada mengatur suasana hati atau mood, bahkan nafsu makan,” terang dr. Muzal.

Mengingat pentingnya kemampuan fisik usus untuk menyokong perkembangan dan juga kinerja otak juga kondisi tubuh anak, maka asupan nutrisi harian si kecil harus terpenuhi dengan baik.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!