Nasional

Pengamat Skor Arsul Sani pada Sidang Sengketa pemilihan raya Tak Perlu Dikhawatirkan

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Pengamat Politik sekaligus Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menilai keikutsertaan hakim konstitusi Arsul Sani di sidang sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2024 di area Mahkamah Konstitusi (MK) nantinya tiada perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Sebab, kata dia, Arsul telah mengundurkan diri dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebelum mencalonkan diri kemudian terpilih hakim konstitusi.

“Apalagi pada berbagai kesempatan seperti pada waktu menjalani fit and proper test di tempat DPR RI juga setelahnya pelantikan sebagai hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani telah terjadi berazam untuk menjaga independensi imparsialitas di menjalankan tugas sebagai hakim Mahkamah Konstitusi,” kata Bawono, hari terakhir pekan (22/3/2024).

Selain itu, kata dia, keikutsertaan dari hakim-hakim konstitusi pernah miliki latar belakang terlibat di area partai kebijakan pemerintah bukanlah kali ini saja, tapi telah pernah terjadi di dalam periode terdahulu seperti era Hamdan Zoelva kemudian lain-lain.

“Keikutsertaan Arsul Sani dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum nanti teristimewa pemilihan presiden juga cukup krusial oleh sebab itu hakim Anwar Usman bukan dapat bergabung di dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum presiden tersebut,” imbuhnya.

Dia menambahkan, apabila Arsul Sani juga tak diperbolehkan mengambil bagian pada sidang PHPU, maka agak krusial apabila ada satu hakim konstitusi lain berhalangan lantaran sakit atau hal lain. “Jumlah hakim Mahkamah Konstitusi bergabung pada sidang perselisihan hasil pemilihan umum presiden nanti akan kian berkurang,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!