Teknologi

Pertama Kali, Operasi Medis Gunakan Headset Apple Vision Pro

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Global medis di dalam Inggris perdanamenggunakan headset Apple Vision Pro pada sebuah tindakan operasi. Hal ini dinilai sebagai langkah revolusioner.

Setelah insiden pertama di area dunia medis tadi, produsen headset Apple berharap Vision Pro akan sukses besar dalam bidang medis. Profesi medis ketika ini sedang meneliti penyelenggaraan realitas campuran di bidang-bidang tertentu, dan juga menurut beberapa analis, headset canggih ini memiliki peluang untuk mengubah paradigma di praktik medis.

Techspot melansir, Selasa (12/3/2024) operasi pertama yang tersebut melibatkan Vision Pro pada waktu operasi perbaikan tulang belakang pasien pada Cromwell Hospital, London. Seorang perawat yang digunakan bekerja bersatu ahli bedah menggunakan headset ini untuk membantu persiapan operasi, memantau prosedur, dan juga memilih alat yang tepat. Pemakaian Vision Pro di operasi ini merupakan yang mana pertama kali diadakan dalam Inggris.

Perangkat lunak yang tersebut digunakan di headset Apple ini dikembangkan oleh perusahaan Amerika Serikat eXeX, yang mana juga telah lama menciptakan kegiatan sama untuk Microsoft HoloLens. Peralatan lunak ini memberikan akses holografis kemudian bebas sentuhan terhadap perawat lalu teknisi, memungkinkan dia untuk mengawasi setup bedah juga panduan prosedural dari di lapangan steril ruang operasi.

Selain itu, perangkat lunak ini melacak setiap tahap operasi serta dapat mengukur seberapa baik operasi yang disebutkan dijalankan dibandingkan dengan prosedur sama yang tersebut dijalankan oleh ahli bedah lainnya.

“Ini menghilangkan kesalahan manusia serta permainan tebak-tebakan serta memberi rasa kepercayaan diri pada melakukan operasi,” kata Suvi Verho, pribadi perawat utama di dalam London Independent Hospital.

Meskipun ini kali pertama Vision Pro digunakan di operasi di area Inggris, perangkat ini sebelumnya sudah digunakan pada ruang operasi bulan lalu, belaka tiga hari setelahnya dirilis. Saat itu, pribadi ahli bedah saraf terkenal dunia, Dr. Robert Masson, menggunakannya selama beberapa operasi rekonstruksi tulang belakang.

“Kita berada pada era baru bedah, kemudian untuk pertama kalinya, pasukan bedah kita miliki panduan visual holografik lalu peta, meningkatkan orientasi visual spasial kemudian temporal untuk setiap pasukan bedah serta untuk setiap operasi dalam semua spesialisasi,” kata Masson.

Vision Pro pada waktu ini sedang diuji coba dalam berbagai area oleh beberapa organisasi kemampuan fisik di tempat seluruh dunia. Selain membantu operasi, headset ini juga digunakan untuk radiologi, pemantauan pasien, pengajaran dan juga perencanaan medis, terapi, lalu mendeteksi tanda-tanda dini kondisi tubuh.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!