Nasional

PSI Tak Melewati Ambang Batas Parlemen, Hal ini Respons Kaesang

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep enggan menanggapi perolehan pendapat partainya hasil rekapitulasi ucapan pemilihan raya 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perolehan kata-kata PSI berada di dalam bawah ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold 4%.

Adik calon delegasi presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka itu justru mengundang awak media untuk berkumpul di area Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Kamis (21/3/2024).

“Besok pada DPP ya. Besok kumpul pada DPP aja ya,” kata Kaesang usai mengungkap puasa dengan dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto di tempat Jalan Kertanegara No 4, Jakarta, Rabu (20/3/2024) malam.

Untuk diketahui, KPU sudah pernah mengesahkan rekapitulasi tingkat nasional untuk 84 tempat pemilihan (dapil) dalam Indonesia. Bedasarkan perolehan sementara, total keseluruhan ucapan sah untuk 84 dapil yakni 151.796.630. Namun dari ke seluruh pendapat itu, PSI semata-mata mengantongi pendapat sah sebanyak 4.260.169 atau 2,81%.

Di sisi lain, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengundurkan diri dari sebagai partai pemenang pemilihan raya 2024. Partai berlambang banteng bermoncong putih ini memperoleh 25.387.278 suara. Jika dipersentase, PDIP memperoleh 16,72%.

Perlu diketahui, nomor yang dimaksud barulah perolehan sementara, KPU akan melakukan rapat internal terlebih dahulu sebelum mengeluarkan surat tindakan hasil pemilihan raya 2024. Penetapan hasil Pemilihan Umum 2024 rencananya disampaikan pasca waktu berbuka puasa.

“Karena sebagaimana disampaikan oleh Ketua KPU semalam, nanti penetapan itu SK-nya secara keseluruhan. Nah kemungkinan besar kalau waktu definitifnya kemungkinan pasca, kita ambil jeda sampai menjalankan ibadah puasa, ya waktu berbuka,” kata Komisioner KPU August Mellaz, Rabu (20/3/2024).

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!