Kesehatan

Puasa Optimal Lancar, Ini adalah 6 Makanan yang tersebut Harus Dikonsumsi serta Dihindari ketika Sahur

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Saat Ramadan, setiap umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Momen ini menciptakan umat Islam akan mengalami inovasi makan serta minum.

Keadaan yang disebutkan menyebabkan perbedaan besar pada tingkat energi tubuh. Untuk itu, kita harus cerdas mengatur apa cuma yang dimaksud harus dikonsumsi oleh tubuh selama Ramadan.

Sayang, terkadang kita kerap kali makan berlebihan pada waktu sahur demi menabung energi sebanyak-banyaknya. Keadaan ini ternyata dapat memperburuk kebugaran tubuh.


Rahma Ali, ahli diet klinis pada Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi mengatakan, makanan berbuka serta sahur harus seimbang dan juga mengandung item dari setiap kelompok makanan seperti sayuran, sereal, daging, barang susu, kemudian buah.

“Penting untuk memiliki pengendalian diri pada waktu mengamati hamparan makanan yang digunakan menggugah selera. Kuncinya adalah mengingat bahwa Ramadan adalah bulan untuk menuai pahala lalu manfaat, juga meningkatkan hubungan spiritual Anda,” kata Ali, dikutipkan dari The National News, Kamis (7/3/2024).

“Sahur harus sehat agar dapat memberikan energi yang cukup untuk bertahan selama berjam-jam berpuasa. Makanan yang mana dikonsumsi penting untuk menjaga Anda masih terhidrasi, jadi perhatikan baik-baik pemilihan makanan pada waktu sahur,” lanjutnya.

Berikut ini, daftar makanan yang tersebut harus dikonsumsi kemudian dihindari pada waktu sahur.

Makanan yang tersebut Harus Dikonsumsi pada waktu Sahur

1. Makanan Kaya Protein

Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya akan protein ketika sahur. Salah satu contohnya yakni telur. Makanan kaya protein ini tak semata-mata membantu Anda tetap memperlihatkan kenyang lebih besar lama, tetapi juga dapat dibuat dengan beberapa cara sesuai selera.

2. Makanan Kaya Serat

Makanan kaya akan serat seperti oatmeal sangat dibutuhkan oleh tubuh. Serat larut berubah menjadi gel dalam perut serta memperlambat pencernaan, sehingga membantu menurunkan steroid kemudian glukosa darah, dan juga menimbulkan Anda tetap memperlihatkan berenergi sepanjang puasa.

3. Makanan Kaya Kalsium serta Vitamin

Makanan kaya akan kalsium juga protein, seperti barang susu merupakan sumber nutrisi yang dimaksud baik. Pilihlah smoothie yoghurt atau pilih milkshake vanila kemudian madu agar tetap memperlihatkan kenyang sekaligus terhidrasi sepanjang hari.

Makanan yang dimaksud Harus Dihindari ketika Puasa

1. Karbohidrat Sederhana atau Olahan

Karbohidrat simpel atau olahan seperti gula, tepung putih, kue kering, donat, ataupun croissant semata-mata memberikan kepuasan selama tiga hingga empat jam dan juga rendah nutrisi penting.

2. Makanan Asin

Ketidakseimbangan natrium pada tubuh dapat menciptakan Anda haus ketika berpuasa. Jadi usahakan untuk menghindari kacang asin, acar, serta keripik.

3. Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dapat menyebabkan insomnia serta kegelisahan. Selain itu, tidak ada menghidrasi dan juga menimbulkan Anda rindu air sepanjang hari.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!