Nasional

Rapat Baleg DPR, Mendagri Tegaskan Gubernur DKI Jakarta Dipilih Melalui pemilihan kepala daerah

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Tito Karnavian menegaskan bahwa pemilihan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Indonesia (DKJ) melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) seperti yang diterapkan pada waktu ini. Menurutnya, pemerintah tak pernah terbesit untuk menunjuk segera Gubernur DKI Jakarta .

Hal ini disampaikan Tito Karnavian di rapat pleno Rancangan Undang-Undang DKJ yang digunakan dijalankan Badan Legislasi (Baleg) DPR, Rabu (13/3/2024). Rapat dilakukan dengan Mendagri Tito Karnavian, dua anggota DPD, dan juga perwakilan Kemenkeu kemudian Bappenas.

“Sikap pemerintah tegas, masih pada kedudukan dipilih atau tak berubah sesuai dengan yang mana dilaksanakan ketika ini. (Tepuk tangan). Bukan ditunjuk, sekali lagi,” kata Tito pada rapat.

Tito mengklaim, pemerintah tak pernah memasukan klausul kepala wilayah DKJ ditunjuk lansung, melainkan dipilih melalui mekanisme Pilkada. “Karena dari awal draf kami pemerintah sikapnya serta draf-nya isinya serupa dipilih bukanlah ditunjuk,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengumumkan Gubernur DKJ akan dipilih melalui pilkada. Hal itu sudah tertuang pada Daftar Inventaris Tantangan (DIM) Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Khusus Ibukota (DKJ).

“Kan gini, kita kan sudah ada ngomong, bahwa (Gubernur Jakarta) itu dipilih oleh rakyat. DIM-nya itu telah dipilih oleh rakyat,” kata Dasco di tempat DPR, Senayan, DKI Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

Hanya, Dasco mengaku tak ingat pemerintah menyerahkan DIM RUU DKJ yang mengatur terkait pemilihan Gubernur Ibukota Indonesia melalui Pemilihan Kepala Daerah itu. Dasco menegaskan pemilihan Gubernur Ibukota akan dijalankan dengan mekanisme pemungutan pernyataan oleh rakyat. “Tetap begitu, dipilih oleh rakyat. Ya pokoknya dipilih oleh rakyat. Gitu aja,” kata Dasco.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!