Lifestyle

Ritual Sandhy Sondoro sebelum Manggung, Kunyah Kencur

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Sandhy Sandoro dikenal dengan warna suaranya yang digunakan khas juga berkharisma. Telah melanglang buana pada bidang musik Tanah Air, menghasilkan Sandhy mempunyai cara khusus untuk menjaga pita suaranya.

Salah satunya menjadi ritual khusus sebelum tampil di dalam menghadapi panggung. Penyanyi 50 tahun itu memilih makan kencur sebagai cara ampuh menjaga ucapan sebelum bernyanyi.

“Saya makan kencur (sebelum manggung), saya gadoin,” ungkap Sandhy pada waktu ditemui di tempat Gedung iNews Tower, Ibukota Indonesia Pusat, Hari Senin (25/3/2024).


Sandhy mengatakan, makan kencur sebelum manggung begitu bermanfaat untuk tenggorokannya. Cara ini bisa saja menjaga kestabilan suaranya pada waktu pada menghadapi panggung.

Kebiasaan ini pun rutin Sandhy kerjakan, khususnya sebelum tampil agar memberikan penampilan dari ucapan terbaik.

“Ya memang sebenarnya itu bagus buat tenggorokan. Dan itu kan mengandung antibiotik ya,” terangnya.

Bukan cuma pada waktu manggung, Sandhy juga kerap mengonsumsi kencur ketika mulai merasa tidak ada enak badan. Ketika merasakan gejala flu, pelantun Tak Pernah Padam ini kerap mengonsumsi kencur untuk mengempiskan gejala-gejala sakit pada tubuhnya.

“Saya kalau agak nggak enak badan dan juga ada gejala-gejala flu, udah, kunyah (kencur) aja,” paparnya.

Sementara itu, memakan kencur juga menjadi ritual untuk beberapa penyanyi Tanah Air. Salah satunya dilaksanakan Yura Yunita yang dimaksud sempat popular akibat mengonsumsi kencur sebelum manggung.

Para penyanyi Indonesia ini mengaku menemukan faedah untuk tenggorokan juga pengumuman merekan usai mengunyah kencur sebelum tampil di tempat melawan panggung.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!