Kesehatan

Seperti Apa Bintik Merah akibat DBD? Kenali Ciri-cirinya

JAKARTA – Bintik merah berubah menjadi salah satu ciri-ciri demam berdarah dengue (DBD) yang dimaksud sangat khas. DBD adalah penyakit yang dimaksud disebabkan oleh virus dengue yang mana dibawa oleh nyamuk aedes aegypti.

Gejala DBD banyak dimulai dengan demam tinggi, nyeri otot kemudian sendi, sakit kepala, juga ruam merah yang dimaksud dapat berjalan dalam seluruh tubuh. Ruam merah yang dimaksud biasanya muncul pada pasien DBD banyak disebut sebagai ruam bintik-bintik atau ruam maculopapular.

Ruam ini terjadi pada tahap penyakit yang tersebut lebih tinggi lanjut, di mana pendarahan internal dapat terjadi. Kondisi ini biasanya muncul setelahnya beberapa hari demam serta dapat dihadiri oleh oleh penurunan jumlah total trombosit di darah yang mana berubah menjadi ciri khas DBD.

Seperti Apa Bintik Merah lantaran DBD?

Meski demikian, beberapa penyakit lainnya seperti campak juga menunjukkan gejala bintik merah pada tubuh. Lantas seperti apa ciri-ciri bintik merah sebab DBD? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Health Line, Mingguan (24/3/2024).

1. Muncul pada Kulit

Bintik merah banyak muncul pada dermis juga sanggup menutupi area yang luas, tetapi juga bisa saja terlokalisasi di beberapa bagian tubuh.

2. Bentuk lalu Pola

Bintik merah mungkin saja muncul pada bentuk bercak atau bintik-bintik yang mana kecil lalu dapat beragam di ukuran. Mereka juga dapat terbentuk di pola yang dimaksud tidaklah teratur.

3. Warna

Bintik merah dapat memiliki warna merah yang tersebut intens, tetapi kadang-kadang merek juga bisa jadi menjadi sedikit lebih tinggi keunguan.

Artikel ini disadur dari Seperti Apa Bintik Merah karena DBD? Kenali Ciri-cirinya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!