Nasional

Sidang Sengketa Pilpres 2024, Saksi Sebut Ada Bermacam-macam Ribu Suara Berubah di dalam Sirekap

JAKARTA – Saksi fakta yang dihadirkan Tim Hukum Ganjar-Mahfud mengungkapkan ada banyak ribu pernyataan berubah dalam Sistem Data Rekapitulasi ( Sirekap ) Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu diungkapkan oleh saksi Hairul Anas di sidang sengketa Pilpres 2024 pada Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (2/4/2024).

“Saya lihat ada inovasi sejumlah 443.453 kali terhadap data yg pernah diinput. Kemudian itu terjadi dalam sekitar 244.533 TPS, artinya ada inovasi pada data Sirekap,” ucap Hairul di sidang.

Angka itu, diperoleh Hairul dengan menjumlahkan perolehan pernyataan tiga kandidat Pilpres 2024. Ia pun membandingkan dengan ucapan sah dengan Form C Hasil.

“Kalau itu saya bandingkan itu ada selisih 23.423.395. Kemudian saya juga melakukan pengecekan chek sum pengguna total dibandingkan dengan dengan pengumuman total. Itu ada selisih di atau tiada identik 32 hampir 33 ribu TPS,” ucapnya.

“Cukup fantastis pada sini, seandainya kalau C-1 itu ada tanggal ya, adalah tanggal di dalam fotonya C-1 atau C hasil, maka ke situ yang mana menyeberangi tanggal 15 ada 324 ribu kalau engga salah. Jadi ada upload foto yang dimaksud sebenarnya diambil fotonya sudah ada lewat tanggal 15 (Februari),” tutup Hairul.

Artikel ini disadur dari Sidang Sengketa Pilpres 2024, Saksi Sebut Ada Ratusan Ribu Suara Berubah di Sirekap

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!