Bisnis

SINDOnews Raih Juara Pertama PLN Journalist Award 2023

Ashevilleglass.com – JAKARTA – PT PLN (Persero) menyerahkan penghargaan bagi pemenang PLN Journalist Awards 2023 bertema “Energi Ramah Lingkungan Membangun Keberlanjutan lalu Tingkatkan Kesejahteraan”. Sebanyak 18 karya jurnalistrik terbaik terpilih dari total 1.120 karya yang mana terlibat dan juga di event tersebut. Penghargaan yang dimaksud diserahkan oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo untuk para pemenang dalam Kantor Pusat PLN Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Perhelatan PLN Journalist Award 2023 merupakan kali keempat yang tersebut diadakan oleh perusahaan listrik milik negara itu. SINDOnews berhasil menyabet Juara I untuk kategori Hard News. Sedangkan Okezone meraih Juara II untuk kategori Hard News. Sindomakassar berhasil meraih Juara II Foto Cerita, dan juga Inews TV meraih Juara II Hard News Audio Visual.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, apresiasi ini merupakan bukti kekompakan, kebersamaan, dan juga semangat yang digunakan sebanding antara PLN dan juga insan jurnalis pada seluruh Indonesia di memberikan informasi masyarakat yang berkualitas. “Selama ini jurnalis telah dilakukan sejumlah membantu perseroan pada memberikan edukasi lalu menyampaikan informasi upaya heroik PLN pada menghadirkan energi bersih bagi masyarakat,”tegas Darmawan.

Dengan dukungan para jurnalis, sepanjang tahun 2023 PLN mampu menciptakan lebih besar dari 174 ribu pemberitaan. Selain itu, PLN meraih 12 penghargaan lalu dinobatkan menjadi Best of the Best Communications dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir pada event BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024.

Menurutnya sektor komunikasi korporat sangat penting untuk menjembatani informasi perusahaan untuk publik. Dulu lanjut Darmawan, PLN kalau menyampaikan informasi ke media itu tak terstruktur, terlalu teknis sehingga menyebabkan rekan-rekan jurnalis kebingungan, selain itu juga kurang responsif.

“Kemudian saya minta ke pasukan lakukan transformasi. Sekarang, regu komunikasi PLN sangat jauh tambahan responsif, narasinya pun akurat kemudian efektif. Hubungan dengan jurnalis juga semakin erat,” tutur Darmawan.

Semakin eratnya kolaborasi antara media serta PLN terbukti dari semakin bertambahnya karya jurnalis yang mana mengikuti turnamen ini. Pada 2020, jumlah agregat partisipan hanya saja sekitar 406 karya, meningkat menjadi 1.120 karya pada 2023.

PLN Journalist Award 2023, melibatkan komite juri yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu Pemimpin Redaksi Kumparan Arifin Asydhad, Pemimpin Redaksi Detik.com Alfito Deanova Ginting, Pemimpin Redaksi IDNTimes Uni Lubis, Pemimpin Redaksi Rakyat Merdeka Riky Handayani, Jurnalis Senior Budiman Tanuredjo, Pemimpin Redaksi Liputan 6 SCTV Retno Pinasti.

Juga Direktur Konten kemudian Pemimpin Redaksi Narasi TV Zen RS, Fotografer Senior Arbain Rambey, Fotografer Senior Oscar Motuloh, Fotografer Senior Adek Berry. Perwakilan Dewan Juri PLN Journalist Award 2023 Arifin Asydhad mengapresiasi kinerja PLN pada menyelenggarakan Journalist Award empat tahun ke belakang.

“Kami juga mengapresiasi PLN yang sudah pernah melaksanakan PLN Journalist Award 2023 ini, dikarenakan acara seperti ini akan bisa jadi memacu teman–teman jurnalis untuk berkarya tambahan baik lagi, menimbulkan karya jurnalistik yang digunakan lebih besar berkualitas lagi. Jadi, terima kasih untuk PLN,” katanya.

PLN juga menyerahkan penghargaan untuk para Pemimpin Redaksi media massa yang mana sudah mengupayakan PLN pada mengedukasi serta menyampaikan informasi terkait pengembangan kelistrikan pada Indonesia yang mana ramah lingkungan.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!