Bisnis

Sri Mulyani Dicecar DPR Soal Makan Siang Gratis, Duit dari Mana?

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapatkan berbagai pertanyaan persoalan makan siang gratis inisiatif Prabowo-Gibran di rapat kerja sama-sama Komisi XI DPR RI, di tempat Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Anggota Komisi XI DPR dari PKS, Anis Byarwati dengan tegas mempertanyakan masalah anggaran tersebut. karena itu anggaran yang dimaksud dibutuhkan sangat besar.

“Ini anggarannya dari mana Bu Menteri? Ini adalah sampai sekarang belum masuk di area kepala saya, sementara anggaran dibutuhkan sangat besar,” ujarnya.

Anggota DPR dari Anggota Fraksi PPP Wartiah juga mempertanyakan hal senada. Pihaknya mengajukan permohonan penjelasan anggaran dari inisiatif yang disebutkan yang mana salah satu opsi akan menggunakan dana BOS.

“Ini jadi pertanyaan kami di dalam area tentang satu hal yaitu inisiatif makan siang gratis yang mana akan menggerus dana BOS. Apakah isu itu benar?karena sejumlah penolakan dari guru-guru, itu yang dimaksud beredar pada tempat kami di area Nusa Tenggara Barat,” tandasnya.

Sri Mulyani menjelaskan alokasi anggaran inisiatif yang dimaksud belum dibahas di Anggaran Pendapatan kemudian Belanja Negara (APBN) bahkan di pembahasan Kerangka Kondisi Keuangan Makro serta Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPK) 2025.

“Kami nggak akan jawab oleh sebab itu pada APBN kita belum ada pada 2024. Bapak ibu juga paham siklus APBN telah ada postur besar belum sampai detail-nya apalagi mau ambil BOS. Ya enggaklah, belum,” jelasnya.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa pada rapat pembahasan KEM-PPKF akan fokus mengeksplorasi kerangka ekonomi makro pada rangka transisi pemerintahan selanjutnya.

“Kita belum ngomongin (program makan siang gratis) boro-boro ngomongin, belanja K/L postur hanya masih pada bentuk pembahasan sangat awal,” jelasnya.

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!