Kesehatan

Tanpa Minum, Begini Cara Mengatasi Cegukan ketika Puasa

Ashevilleglass.com – JAKARTA – Saat berpuasa tidak ada menyembunyikan kemungkinan seseorang mengalami cegukan . Namun, cegukan yang mana biasanya diselesaikan dengan minum, saat ini tak bisa saja diadakan sebab berpuasa. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Menurut dokter sekaligus healthy educator, dr Alfi Auliya, ada enam cara yang tersebut dapat diadakan seseorang untuk mengatasi permasalahan cegukan ketika berpuasa.

Lewat akun TikTok @alfiauliyarachman, dr Alfi Auliya berbagi cara mengatasi cegukan ketika puasa. Berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Cegukan

1. Tahan napas

Tahan napas 10 hitungan lambat, lalu hembuskan perlahan seperti biasa, serta bisa jadi diulangi 3-4 kali setiap 20 menit atau hingga cegukan mereda

2. Tekuk lutut

Duduk memeluk lutut sedekat mungkin saja dengan dada selama 2 menit, sikap ini akan menekan area diafragma kemudian menimbulkan udara yang mana terjebak dapat keluar

3. Tekan hidung serta menelan

Gerakan ini dapat menimbulkan diafragma rileks sehingga dapat membantu mengatasi cegukan ketika berpuasa

4. Memijat area ulu hati

Lakukan pijatan dengan ujung jari secara lembut selama 20-30 detik, diharapkan cegukan dapat membaik

5. Menutup telinga

Tutup kedua telinga dengan kedua tangan selama 20 detik untuk mengirimkan sinyal relaksasi dari otak ke bagian diafragma

6. Pijat bagian leher

Letakan kedua jari tangan tepat di area arteri karotis, dimana itu merupakan tempat untuk mengecek denyut nadi pada bagian leher, lakukan pemijatan lembut dengan cara memutar berlawanan jarum jam, lakukan selama lima detik hingga cegukan hilang.

Akan tetapi, apabila cegukan terasa bukan kunjung membaik, dr Alfi menyatakan sebaiknya penderita berkonsultasi untuk dokter agar mendapat penanganan lebih tinggi tepat lalu keluhan yang tersebut dirasakan dapat hilang.

“Nah kalau cegukannya tidak ada kunjung mereda, Anda dapat konsultasikan cegukan Anda ke ahlinya,” kata dr Alfi.

Lebih lanjut, dilansir dari laman Mayo Clinic, pemicu paling umum cegukan terjadi kurang dari 48 jam yaitu akibat beberapa faktor, seperti :

1. Minum minuman berkarbonasi

2. Terlalu banyak minum alkohol

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!