Nasional

Tim Hukum AMIN Gembira MK Panggil Sri Mulyani, Risma, Airlangga, juga Muhadjir

JAKARTA – Tim Hukum Nasional Anies Baswedan juga Muhaimin Iskandar (AMIN) gembira Mahkamah Konstitusi (MK) menjadwalkan pemanggilan empat menteri. Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Koordinator Lingkup Perekonomian Airlangga Hartarto, juga Menteri Koordinator Lingkup Pembangunan Individu serta Kebudayaan Muhadjir Effendy dipanggil untuk dihadirkan pada persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa hasil Pilpres 2024 pada Hari Jumat (5/4/2024).

“Meskipun tadi mahkamah mengungkapkan bahwa itu bukanlah untuk mengabulkan pemohon 1 juga 2, tapi sejatinya bahwa permohonan kami sudah menginspirasi majelis hakim untuk mencari materi kebenaran pada persidangan ini. Bahwa ada hal penting yang dimaksud penting diklarifikasi oleh 4 menteri yang tersebut diminta hadir,” ujar Anggota Tim Hukum Nasional AMIN Heru Widodo pada Gedung MK, Hari Senin (1/4/2024).

Selain empat menteri itu, MK juga memanggil Dewan Kehormatan Penyelenggara pemilihan (DKPP). Menurut Heru, hal yang disebutkan merupakan kejutan walaupun keinginan pihaknya agar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga dipanggil MK namun digantikan dengan Muhadjir Effendy.

“Tapi yang satu yang digunakan surprise adalah permintaan Mahkamah menghadirkan DKPP. Hal ini luar biasa bagi kami, oleh sebab itu dasar permohonan kami untuk menyatakan pelanggaran terukur sejak adanya putusan DKPP yang dimaksud memaparkan KPU melanggar prosedur pada menetapkan calon,” ujar Heru.

Diberitakan sebelumnya, MK akan memanggil empat menteri di persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa hasil Pilpres 2024. MK menganggap pemanggilan itu diperlukan.

“Kemudian juga terhadap para pihak juga diperlukan disampaikan hari Hari Jumat akan dicadangkan untuk pemanggilan pihak-pihak yang digunakan dipandang harus oleh Mahkamah Konstitusi,” ucap Ketua MK Suhartoyo pada persidangan PHPU dalam Gedung MK, Hari Senin (1/4/2024).

“Berdasarkan hasil rapat Yang Mulia para hakim tadi pagi, yang pertama yang harus didengar oleh Mahkamah adalah Muhadjir Effendy Menko PMK, Airlangga Menko Perekonomian, Sri Mulyani Menteri Keuangan, Tri Rismaharini Menteri Sosial, juga dari Dewan Kehormatan Penyelenggara pemilihan raya (DKPP),” tambah dia.

Artikel ini disadur dari Tim Hukum AMIN Gembira MK Panggil Sri Mulyani, Risma, Airlangga, dan Muhadjir

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!